TaskbarXI Jadikan Taskbar Windows 11 Mirip MacOS

TaskbarXI Jadikan Taskbar Windows 11 Mirip MacOS

portal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Microsoft telah merombak besar-besaran Start Menu dan Taskbar di Windows 11, namun sepertinya tidak semua pengguna senang dengan tampilan dan suasana yang baru itu.

Stardock, menjadi salah satu utilitas yang mampu mengubah Start Menu dengan tampilan yang lebih familiar bagi pengguna, entah itu dijadikan mirip Windows 7 atau Windows 10. Kini muncul utilitas lain, yang akan memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi pada Taskbar, dan utilitas ini bernama TaskbarXI.

TaskbarXI merupakan sebuah aplikasi baru yang akan menambahkan opsi kustomisasi di Taskbar Windows 11, yang dikembangkan oleh orang yang juga telah meluncurkan TaskbarX untuk Windows 10 yang populer itu. Aplikasi ini memang masih dalam tahap awal pengembangan, jadi masih belum ada antarmuka grafis yang mumpuni, namun setidaknya ini sudah bisa digunakan.

Fitur utama dari TaskbarXI ini adalah mampu mengecilkan ukuran Taskbar menjadi dock yang ringkas, seperti dock yang ada di macOS dan iPadOs, yang bisa kembali ke ukuran penuh semula ketika sebuah jendela diperbesar.

Aplikasi ini juga mendukung monitor ganda, DPI Scaling terpisah, dan memisahkan Taskbar ke panel kiri dan kanan. Mengubah gaya dan warna latar belakang Taskbar saat ini masih diupayakan ketersediaannya, termasuk dengan antarmuka sederhana untuk memperbarui pengaturan.

Tidak ada opsi untuk memindahkan Taskbar ke bagian samping atau atas layar, namun pengguna sudah banyak yang meminta adanya fitur ini. Jadi jika anda juga ingin fitur tambahan ini disediakan, maka anda bisa mengunjungi halaman GitHub, untuk ikut memberikan suara, sehingga penambahan bisa lebih cepat dihadirkan.

Jika anda ingin mencoba aplikasi ini, silahkan mengunjungi halaman GitHub-nya di tautan berikut ini. Versi yang ada saat ini ketika artikel diterbitkan masih dalam status “untuk tujuan pengujian saja”, karena dalam catatannya, si pengembang mengharuskan adanya penggunaan Task Manager untuk mematikan TaskbarXI dan merestart Windows Explorer untuk menerapkan perubahan.

Microsoft sendiri masih mengupayakan adanya pembaruan pada Taskbar dan Start Menu di Windows 11, meskipun sangat kecil kemungkinan mereka akan menambahkan fitur kustomisasi semacam ini. Sementara dukungan Taskbar untuk monitor ganda memang sudah ada sejak build pratinjau di bulan Juli lalu, termasuk dengan kotak pencarian di Start Menu.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.