Saluran Pratinjau Windows 11 Akan Berisi Lebih Banyak Konten Eksperimental

Saluran Pratinjau Windows 11 Akan Berisi Lebih Banyak Konten Eksperimental

portal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Windows 11 akan mendapatkan pembaruan fitur yang signifikan dalam bulan ini, dan Microsoft mengambil kesempatan ini untuk membuat beberapa perubahan ke program beta Windows Insider, khususnya di saluran Pratinjau.

Perusahaan menjelaskan rencana ini dalam sebuah postingan blog mereka, termasuk dengan sebuah logo baru yang sepintas mirip sebuah gambar hati namun di sisi lain juga mirip orang, dan ini sangat rapi.

Rencana Microsoft ini akan memberikan dampak paling besar ke saluran Pengembang, karena akan menjadi tempat untuk menginkubasi ide-ide baru, namun akan menjadi tempat yang lebih penting di mana Microsoft menguji fitur-fitur baru untuk melihat mana yang mendapatkan respon lebih baik. Beberapa versi mungkin akan sampai ke pengguna publik, namun beberapa juga mungkin akan menghilang dan tidak terdengar lagi kabarnya.

Konteksnya, program Pratinjau Insider ini memiliki tiga saluran, di mana masing-masing mewakili tahapan yang berbeda dari pengembangan. Saluran Pengembang adalah yang paling sering diperbarui dan kondisinya adalah yang paling tidak stabil dan memiliki banyak bug. Ini juga merupakan saluran yang paling sering berisi fitur yang tidak terselesaikan, yang juga kerap baru diketahui setelah diungkap oleh pengembang eksternal, sebelum pihak Microsoft siap untuk membicarakannya.

Saluran Beta merupakan tempat fitur yang hampir memasuki tahap final, dan tempat menguji fitur sebelum dirombak lagi untuk dirilis ke publik. Sementara saluran Pratinjau pada umumnya mendapatkan build yang sama seperti yang dirilis ke publik, beberapa hari atau minggu sebelumnya.

Microsoft menegaskan bahwa saluran Beta dan Pengembang akan menjadi cabang paralel pengembangan aktif untuk meninjau beberapa hal yang berbeda, dan oleh karena hal ini, mungkin akan ada fitur Windows yang muncul di saluran Beta sebelum hadir di saluran Pengembang.

Untuk pengguna yang saat ini berada di saluran Pengembang, Microsoft akan menyediakan sebuah pijakan khusus untuk beralih saluran, sebelum benar-benar membaginya dalam dua saluran yang berbeda. Setelahnya, proses peralihan antar saluran akan menjadi lebih sulit, dan mungkin memerlukan pemasangan ulang penuh Windows.

Microsoft mengatakan melakukan perubahan di program Windows Insider ini karena lebih banyak pengguna yang menggunakan build Pratinjau Windows 11 ketimbang menggunakan versi Windows 10, jadi Microsoft ingin meluruskan kembali tujuan utama dari masing-masing saluran.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.