Realme 9 Pro dan Pro Plus Diluncurkan 15 Februari

Realme 9 Pro dan Pro Plus Diluncurkan 15 Februari

portal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Realme secara resmi memulai seri Realme 9 dengan merilis Realme 9i pada awal Januari ini. Namun, varian tingkat lanjutnya hadir dalam bentuk Realme 9 Pro dan Pro Plus. Kedua perangkat itu akan menghadirkan dukungan jaringan 5G, yang tidak dimiliki oleh model 9i. Menariknya, Realme 9 tidak hadir bersamaan dengan perangkat-perangkat tersebut, dan akan diumumkan setelahnya, bahkan lebih dulu model 9i.

Untuk informasi terbaru saat ini, Realme 9 Pro dan Pro Plus, tanggal peluncurannya telah dikonfirmasi. Menurut sebuah bocoran poster, dua smartphone 5G kelas menengah itu akan diresmikan pada tanggal 15 Februari 2022.

Itu masih dua minggu lagi menuju peluncuran resminya, dan mengingat banyak sekali bocoran yang sudah muncul di mana-mana, kemungkinan Realme tidak akan banyak mengungkap informasi lain sampai tanggal peluncuran tersebut. Yang jelas, perangkat tersebut hadir untuk menjadi pesaing dari Redmi Note 11 series yang juga baru saja diluncurkan ke pasar global.

Spesifikasi

Dari bocoran yang muncul sebelumnya, Realme 9 Pro akan hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 695. Ini adalah chipset yang sama yang ditemukan di smartphone Redmi Note 11 Pro 5G. Jadi kedua perangkat itu akan bersaing di kelas yang sama.

Sementara itu, Realme 9 Pro Plus akan menggunakan chipset MediaTek Dimensity 920. Chipset ini lebih mewah daripada Snapdragon 695, namun sejauh ini tidak diketahui apakah hal ini cukup untuk membuat perangkat tersebut lebih menarik.

Smartphone ini akan memiliki RAM hingga sebesar 8GB, dan penyimpanan internal 128GB, dan tidak akan memiliki slot untuk kartu micro SD. Namun, rumor mengenai slot micro SD ini belum terkonfirmasi.

Model Pro memiliki baterai yang cukup besar kapasitasnya, yakni 5,000mAh, namun sayangnya Realme memilih untuk menurunkan kecepatan pengisian cepatnya menjadi 33W, di mana pada dua generasi sebelumnya menggunakan kecepatan pengisian 65W.

Tampaknya, kecepatan tersebut akan menjadi hal yang ekslusif diperuntukkan Realme 9 Pro Plus. Kekurangannya adalah, kapasitas baterainya diturunkan menjadi 4,500mAh. Setidaknya, hal ini memang setara untuk smartphone kelas menengah.

Untuk masalah layar, kedua perangkat ini akan menggunakan panel AMOLED. Yang menarik di sini adalah, Realme 9 Pro Plus justru menggunakan layar yang lebih kecil yakni, 6.43 inci dan juga kecepatan refresh yang lebih rendah 90Hz. Di satu sisi, 9 Pro menggunakan layar AMOLED 6.59 inci dengan kecepatan refresh 120Hz.

Realme 9 Pro Plus sepertinya tidak mendapatkan peningkatan besar dibandingkan model Pro. Namun tentu saja ini akan memiliki kinerja lebih baik dan mengisi daya lebih cepat. Kemudian juga ada dukungan OIS, yang menjadi eksklusif untuk Pro Plus, dan ini adalah pertimbangan yang cukup besar.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.