Penghargaan Tahunan Fast Technology 2021, Ungkap Smartphone Terbaik di Beragam Kategori

Penghargaan Tahunan Fast Technology 2021, Ungkap Smartphone Terbaik di Beragam Kategori

portal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Industri smartphone pada tahun 2021 melahirkan banyak sekali produk-produk baru. Serangkaian inovasi teknologi seperti sistem otonom, chipset, teknologi kamera bawah layar dan lainnya, telah memulai perjalanannya.

Ajang penghargaan Fast Technology 2021 Annual Awards mengambil beberapa produk smartphone luar biasa yang berhasil menembus pasar di tahun 2021. Apa saja?

Juara Kinerja Flagship Android

Untuk produk smartphone yang dinilai menjadi juara di kelas kinerja flagship adalah Xiaomi 12 Pro, yang hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Skor rata-rata pada situs benchmark AnTuTu mencatatkan angka 1 juta lebih untuk smartphone ini, menjadikannya smartphone paling kuat di kalangan Android.

Juara Kinerja Flagship iOS

Sementara untuk ekosistem iOS, penghargaan kinerja flagship terbaik jatuh kepada iPhone 13 Pro Max. Tentu saja, kinerja smartphone ini sangat apik berkat keberadaan prosesor A15 Bionic. Chipset ini berbasis pada proses fabrikasi 5nm dari TSMC dan memiliki 15 miliar transistor, dan ini adalah chipset seluler terkuat sepanjang sejarah Apple.

Paling Menyita Perhatian

Untuk penghargaan produk smartphone yang paling menyita perhatian dan ditunggu-tunggu adalah flagship dari Huawei, yakni P50. Setelah mendapatkan sanksi berat, perhatian publik tertuju pada apa yang akan ditawarkan Huawei setelahnya. Smartphone Huawei P50 series dengan jelas menarik lebih banyak perhatian ketimbang iPhone 13 pada tahun 2021.

Rasio Harga : Kinerja

Brand Redmi dikenal karena ambisinya dalam meluncurkan produk smartphone dengan rasio harga:kinerja yang tinggi. Redmi K40 hadir dengan chipset Snapdragon 870, termasuk RAM sampai 12GB dan penyimpanan internal 256GB. Perangkat ini juga menggunakan panel layar buatan Samsung, yakni E4. Perangkat ini dijual sekitar Rp5,6 jutaan.

Inovasi Teknologi

Untuk kategori smartphone dengan inovasi teknologi terbaik, jatuh kepada Oppo Find N. Smartphone ini mampu mengatasi semua masalah lekukan yang selama ini kerap dialami oleh smartphone lipat. Oppo dalam hal ini mengembangkan engsel pseudo-vertikal, yang mampu membentuk secara alami lekukan ketika layar ditutup.

Kamera Terbaik

Sebelumnya, Xiaomi Mi 11 Ultra menjadi smartphone dengan raihan skor tertinggi dalam DxOMark selama beberapa bulan dengan 143 poin. Namun posisinya harus tergusur ketika Huawei P50 dirilis, yang mampu mengungguli Xiaomi Mi 11 Ultra dengan selisih tipis 1 poin di angka 144 poin.

Desain Terbaik

Bisa dibilang Honor 60 series adalah sebuah smartphone dengan lekukan yang cantik, karena memiliki layar melengkung dengan desain yang apik. Secara ekstrim, smartphone ini bahkan mengambil desain empat lengkungan.

Busur kiri dan kanan memiliki lengkungan 81 derajat dan busur atas dan bawah memiliki lengkungan 52 derajat. Sudut-sudut layarnya secara alami menghubungkan layar atas dan keempat sisinya, sehingga memunculkan estetika yang unik.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.