Oppo Ungkap Teknologi Bebas Baterai di Masa Mendatang

Oppo Ungkap Teknologi Bebas Baterai di Masa Mendatang

portal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Baterai merupakan komponen paling penting yang seringkali tidak diperhatikan dalam teknologi modern, tetapi ada satu perusahaan yang sedang mempertimbangkan masa depan komponen tersebut.

Oppo telah menerbitkan sebuah makalah baru yang menggambarkan bagaimana sistem komunikasi tanpa daya yang bebas baterai untuk perangkat IoT kecil dan berdaya rendah.

Makalah tersebut bersandar pada gagasan perangkat elektronik bertenaga gelombang dengan frekuensi radio ambient, yang tidak perlu lagi bergantung pada sumber daya onboard untuk bisa berfungsi.

“Dalam waktu dekat, perangkat IoT akan bisa memanen energi langsung dari Bluetooth, Wi-Fi dan bahkan sinyal smartphone, sehingga menghasilkan fitur unggulan seperti ukuran yang lebih kecil, daya tahan lebih baik, dan biaya yang lebih murah,” jelas Oppo.

Mereka percaya bahwa sistem ini akan bisa mengurangi penggunaan baterai, dan oleh karenanya akan menurunkan biaya perawatan dan mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Perangkat yang menyerap daya tanpa perantara langsung ini bukanlah sebuah konsep baru. Samsung baru-baru ini telah meluncurkan sebuah remote Smart TV yang mampu memanen daya melalui jaringan Wi-Fi 2,4GHz.

Motorola dan Xiaomi juga telah mendemonstrasikan solusi pengisian ulang perangkat ambient beberapa waktu yang lalu. Menariknya, Oppo juga telah mengungkap teknologi Zero Power, yang secara teori memungkinkan perangkat wearable untuk melakukan pengisian ulang secara pasif. Ini akan sangat membantu untuk memecahkan masalah mengenai masa pakai baterai yang krusial.

Oppo melihat manfaat lain menggunakan frekuensi radio untuk pengaliran daya. Dengan menggunakan sistem komunikasi tanpa daya ini, perangkat bisa menyematkan informasi ke dalam sinyal tersebut dan menyampaikannya ke luar.

Oppo percaya bahwa ini bisa memungkinkan perangkat untuk bertindak sebagai semacam pemancar berdaya rendah, yang bisa diterapkan untuk perangkat kecil rumahan atau kegiatan di lapangan.

Oppo juga dilaporkan telah menguji teknologi tersebut dan akan mulai mendorong protokol komunikasi Zero Power untuk penggunaan di masa mendatang. Namun untuk saat ini, dan sepertinya juga ke depannya, baterai fisik masih akan menjadi pondasi utama untuk dunia digital kita. Namun, beberapa perusahaan telah semakin serius dalam mengupayakan ide bebas baterai lebih besar daripada sebelumnya.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.