iPhone Layar Penuh Tanpa Takik Akan Jadi Kenyataan di 2024

iPhone Layar Penuh Tanpa Takik Akan Jadi Kenyataan di 2024

portal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Di saat banyak pabrikan smartphone Android telah menemukan solusi cerdas untuk menyembunyikan takik (notch) kamera depan, model perangkat iPhone masih membawa takik berukuran relatif besar. Namun, model iPhone yang tidak memiliki takik mungkin akan ada di masa mendatang, karena baru-baru ini terungkap sebuah paten milik iPhone yang menggunakan tampilan layar penuh.

Terlebih, apabila apa yang dikatakan analis ternama Apple, Ming-Chi Kuo bisa diandalkan, maka iPhone tanpa takik ini bisa menjadi kenyataan pada tahun 2024 mendatang.

Menurut Kuo, model iPhone kelas atas akhirnya akan mengucapkan selamat tinggal pada penggunaan takik, untuk mengadopsi kamera depan di bawah layar dan Face ID di bawah layar pada tahun 2024 nanti. Namun dirinya belum mengklarifikasi model iPhone mana yang akan mendapatkan tampilan layar penuh tersebut. Hanya penyebutan kelas ‘high-end’ dalam cuitannya mengisyaratkan apa yang mungkin disebut dengan iPhone 16 Pro dan yang lebih tinggi.

“Saya rasa iPhone dengan layar penuh yang sebenarnya akan hadir pada tahun 2024 nanti. iPhone kelas atas di tahun tersebut akan mengadopsi kamera depan di bawah layar bersamaan dengan Face ID di bawah layar. Kondisi cahaya redup merusak kualitas kamera depan, sementara ISP dan algoritma sangat penting untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan kualitas kamera depan,” cuit Kuo melalui akun Twitternya.

Sebelumnya melalui Twitter juga Kuo menyebutkan bahwa iPhone dengan Face ID di bawah layar akan diluncurkan pada tahun 2024, dan itu adalah sebuah keputusan dengan berdasarkan masalah pemasaran.

Para analis di sisi lain juga mengatakan bahwa saat ini yang menjadi penghambat inovasi tersebut adalah karena masalah keterbatasan perangkat lunak dan perangkat keras yang dialami oleh Apple, dan mereka pun tengah berupaya cukup keras untuk menyempurnakan teknologi di bawah layar.

Kabar yang baik mengenai masalah ini bagi para penggemar Apple adalah bahwa perusahaan raksasa teknologi asal Cupertino itu sangat yakin mereka akan mampu mengatasi masalah keterbatasan itu dalam waktu kurang dari dua tahun.

Di lain pihak, banyak rumor yang menyebutkan bahwa seri iPhone 14 yang akan diluncurkan tahun ini, bakal hadir dengan penggunaan lubang kamera depan berbentuk pil. Ini menunjukkan bahwa Apple memang tengah berupaya menghilangkan penggunaan takik untuk model iPhone premium mereka. Namun untuk model iPhone kelas bawah, seperti iPhone SE, kemungkinan akan menggunakan desain takik untuk menggantikan bezel yang lebih besar.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.