Huawei Ungkap Harmony OS Akan Tersedia Global Tahun Depan

Huawei Ungkap Harmony OS Akan Tersedia Global Tahun Depan

portal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Pabrikan smartphone asal Cina, Huawei, telah merilis sistem operasi seluler mereka Harmony OS cukup lama. Saat ini, ada lebih dari 150 juta perangkat smartphone Huawei dan Honor yang telah mendapatkan pembaruan ini.

Menurut laporan perusahaan, per tanggal 2 Desember kemarin, 135 model perangkat Huawei dan Honor telah mendapatkan pembaruan resmi. Lebih lanjut, enam perangkat lainnya telah mendapatkan versi publik beta.

Namun sayangnya, semua perangkat yang telah mendapatkan pembaruan sistem operasi tersebut berada di Cina. Pengguna global pun semakin risau, mempertanyakan kapan Harmony OS akan tersedia di luar Cina.

Dalam sebuah wawancara, Derek Yu, Kepala Bisnis Konsumen Huawei Romania mengatakan bahwa pengguna global akan mendapatkan Harmony OS pada tahun 2022 mendatang. Ini adalah pertama kalinya pihak eksekutif Huawei membicarakan mengenai ketersediaan peluncuran global dari Harmony OS.

Saat ini, perusahaan telah merilis sistem EMUI 12 yang telah ditingkatkan untuk pengguna global, dan tampaknya mereka masih akan tetap menggunakan EMUI yang ada hingga beberapa tahun mendatang. Menurut pihak eksekutif HUawei, setelah bermigrasi dari Android, peningkatan kinerja naik sebesar 10%. Perlu dicatat juga bahwa Harmony OS 3.0 saat ini dalam tahap pratinjau. Pengujian betanya akan mulai dilakukan pada kuartal pertama tahun depan.

Sayangnya, tidak disebutkan tanggal atau bulan spesifik kapan pembaruan tersebut akan dihadirkan. Apapun itu, banyak orang berharap akan ada lebih banyak informasi lagi dalam beberapa minggu ke depan.

Riwayat Adopsi Harmony OS 2

Huawei secara resmi merilis Harmony OS pada tanggal 2 Juni lalu. Dalam minggu pertamanya, sistem operasi ini telah memiliki lebih dari 10 juta pengguna. Dalam dua minggu jumlahnya kembali meningkat jadi 18 juta pengguna. Setelah satu bulan, Harmony OS telah memiliki lebih dari 25 juta pengguna. Sebelum akhir Juli, jumlahnya pun mencapai 40 juta lebih pengguna.

Kurang dari dua bulan setelahnya, sekitar awal Agustus, sistem operasi ini telah memiliki lebih dari 50 juta pengguna. Dan pada tanggal 30 Agustus, penggunanya pun menembus angka 70 juta.

Pada tanggal 2 September, perusahaan kembali mengumumkan bahwa kini pengguna Harmony OS telah mencapai 90 juta pengguna. Laporan terakhir menunjukkan bahwa pada 27 september, jumlah penggunanya pun telah bertambah jadi 120 juta.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.