Apple Ciptakan Pengisi Daya 35W USB Type-C Dual Port GaN

Apple Ciptakan Pengisi Daya 35W USB Type-C Dual Port GaN

portal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Ketika berbicara soal pengisian cepat smartphone, nama pertama yang muncul di benak tentu saja bukan Apple. Selama ini, Apple memilih tetap di pinggir jalur dalam hal mengadopsi inovasi terkait pengisian daya.

Alasan utamanya kemungkinan karena mereka memilih menunggu teknologi itu menjadi matang terlebih dahulu sebelum mengadopsinya. Walaupun teknologi ini akan lebih cepat matang, jika Apple ikut turun dalam pengembangannya.

Jika anda adalah seseorang yang lebih suka membeli aksesoris yang hanya bermerk atau bersertifikat Apple, dan sedang mencari pengisi daya baru, maka ini mungkin akan menjadi kabar baik untuk Anda. Sebab, Apple dikabarkan akan segera merilis pengisi daya Type-C ganda 35W.

Laporan yang diterima nesabamedia.com menyebut bahwa Apple saat ini tengah mengerjakan pengisi daya port USB-C Ganda 35W. Dokumen pendukung mengenai hal itu sempat muncul sebelum akhirnya ditarik kembali oleh Apple. Pengisi daya ini akan mendukung pengiriman daya lewat USB, dan memiliki spesifikasi seperti berikut ini:

    Input: 100 – 240V / 1.0A

    USB PD Output 1 atau 2: 5VDC/3A atau 9VDC/3A atau 15VDC/2.33A atau 20VDC/1,75A

Meskipun dokumen itu tidak menyebutkan hal ini, namun dikabarkan bahwa pengisi daya baru Apple itu bisa menjadi pengisi gaya GaN pertama Apple, dan menandai dua yang pertama untuk perusahaan. Seperti kebiasaan Apple, pengisi daya itu tidak akan disertakan dengan kabel USB, jadi anda perlu membelinya secara terpisa, meski untungnya semua kabel USB C bisa digunakan.

Informasi itu diperkuat dengan keterangan dari analis terkenal Ming-Chi Kuo, dan menurutnya, aksesoris itu mendekati tahap produksi massal, dengan sekitar 2 sampai 3 juta unit diharapkan akan mulai dikirimkan pada tahun 2022 ini.

Mengapa pengisi daya ini begitu menarik dan mendapat banyak sorotan, bahkan ketika pengisian cepat 35W itu sebenarnya tidak sepenuhnya merupakan pengisian cepat menurut standar saat ini. Itu karena kekuatan branding dari Apple. Masuknya Apple ke dalam tren smartphone apapun, akan benar-benar memperkuat tren tersebut, bahkan jika OEM Android lainnya sudah lebih dulu masuk ke sana.

Jadi meskipun banyak OEM Android, utamanya yang ada di Cina telah bereksperimen dengan pengisi daya GaN dan beberapa solusi pengisian daya multi-port, produk dari Apple akan memacu hampir setiap OEM untuk bersaing pada produk serupa.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.