News  

Zulhas Sempatkan Umrah Saat Kunjungan Bilateral ke Arab Saudi, Doakan Keselamatan Bangsa

Zulhas Sempatkan Umrah Saat Kunjungan Bilateral ke Arab Saudi, Doakan Keselamatan Bangsa

Suara.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas melakukan kunjungan bilateral ke Madinah, Arab Saudi, pada Jumat (20/1/2022) dini hari. Zulhas dan rombongan Kemendag diagendakan menandatangani kerjasama dagang berskala besar yang akan berkontribusi bagi perekonomian Indonesia pada 2023 mendatang.

Dalam kunjungan yang akan dihelat selama tiga hari itu (Jakarta-Madinah-Makkah-Jeddah-Riyadh-Jakarta), Kemendag direncanakan menandatangani beberapa MoU dengan sejumlah perusahaan strategis di Arab Saudi, kamar dagang Saudi, perbankan, dan Gulf Cooperation Council (GCC). Delegasi yang dipimpin langsung oleh Mendag ini akan diterima secara langsung pula oleh Menteri Perdagangan Kerajaan Arab Saudi, Majid bin Abdullah Al-Qasabi di Al-Ula.

“Ini kunjungan yang penting karena hubungan baik Indonesia-Saudi Arabia akan terus diperkuat dengan kerjasama perdagangan yang semakin strategis dan kuat. Insya Allah akan menguntungkan kedua negara dan mempererat persahabatan,” kata Zulhas di Mekkah, Sabtu (21/1/2023).

Di sela-sela kunjungan kenegaraan tersebut, Zulhas bersama rombongan Kemendag menyempatkan diri untuk melakukan ibadah umrah. Setibanya di Madinah, rombongan Kemendag yang didampingi Dirjen PEN Didi Sumedi, Staf Khusus Kemendag Alhilal Hamdi dan Hadi Daryanto, serta Kepala ITPC Jeddah Rivai Abbas, bertolak ke Mekkah untuk melakukan umrah.

Baca Juga:
Verrel Bramasta Mendadak Masuk PAN, Gabung Politik Dengan Misi Tentang KDRT

“Sebelum melakukan kerja besar, setelah semua ikhtiar dimaksimalkan, sangat penting untuk kita sempurnakan dengan berdoa kepada Allah SWT. Ini wujud sikap tawakal kita,” tuturnya.

“Kami juga berdoa secara khusus untuk kebaikan dan keselamatan bangsa Indonesia. Semoga senantiasa dalam lindungan, rahmat dan berkah Allah,” tambahnya.

Bagi Zulhas, di tengah situasi dunia yang mulai bergejolak dan tidak menentu pada tahun 2023 ini, berdoa adalah salah satu upaya penting agar Indonesia bisa terhindar dari situasi-situasi yang tidak diinginkan.

“Tugas kita sebagai manusia adalah berikhtiar. Tugas saya sebagai Mendag adalah memperkuat perekonomian bangsa kita melalui sektor perdagangan, ini telah, sedang dan akan terus dilakukan. Tetapi kita juga perlu berdoa dan tawakal kepada Allah SWT agar senantiasa mendapatkan perlindungan dan rahmatNya,” jelasnya.

Menghadapi 2023, Zulhas optimistis bangsa Indonesia bisa melewati tahun yang diramalkan para ekonom dan pelaku usaha akan menjadi tahun yang berat.

Baca Juga:
Kronologi Jemaah Umrah Asal Indonesia Lakukan Pelecehan Seksual Depan Kakbah

“Saya selalu optimistis kita akan bisa melewati tahun ini dengan baik. Tentunya kita perlu bersama-sama.”

Setelah berumrah, Zulhas dan rombongan langsung bergegas kembali ke Jeddah untuk melakukan pertemuan dengan pelaku usaha Indonesia dan importir. Selain itu, ia juga diagendakan untuk dijamu oleh Syekh Ibrahim Assubaie, bangsawan Kerajaan Arab Saudi dan pemegang saham Bank Albilad Jeddah.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version