News  

Waspada Penipuan Bagi-Bagi Mobil dengan Ketik ”Done”

Waspada Penipuan Bagi-Bagi Mobil dengan Ketik ”Done”

SEBUAH akun yang mengatasnamakan merek mobil menulis status sedang bagi-bagi hadiah atau hibah ratusan kendaraan. Caranya, cukup mengetik ”done” di kolom komentar. Dan, banyak juga akun Indonesia yang percaya dan mengetik ”selesai.”

”Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami akan mendonasikan 500 Mobil Honda Civic yang tidak dapat dijual karena tergores dan rusak ringan, semua Mobil dalam kondisi baik sehingga kami akan mengirimkannya secara acak kepada seseorang yang menulis ’Selesai’,” tulis akun Facebook Toyota Hilux FANS setelah diterjemahkan.

Akun itu menyertakan dua gambar ratusan mobil yang terparkir rapi. Namun, hampir semua bodi mobil berdebu, bahkan kotor. Sudah ada 3.228 komentar yang mengiringi posting-an tersebut.

Mayoritas menulis kata ”Selesai.” Salah satunya adalah akun Maesaroh Maesaroh. Lalu, ditanggapi admin akun tersebut dengan meminta menge-tag lima akun lainnya (s.id/Hibah500unit).

Berdasar penelusuran, foto-foto itu juga beredar beberapa tahun lalu. Foto di sebelah atas pernah diulas situs cek fakta Snopes pada 18 Februari 2022. Snopes menegaskan bahwa klaim membagi cuma-cuma itu palsu.

Tidak jelas kapan tepatnya foto ”SUV 2020 yang tidak terjual” dari iklan tersebut diambil, tetapi tampaknya berita tentang pelarangan itu kembali ke setidaknya 2016. Anda dapat membacanya di s.id/KlaimSesat.

Lalu, foto bawah itu mengarahkan Jawa Pos pada portal berita bahasa Mandarin, yicai.com. Mobil-mobil tersebut ternyata menjadi korban banjir bandang di Kota Zhengzhou, Provinsi Henan, Tiongkok. Anda dapat melihatnya di s.id/KenaBanjir Tiongkok.

FAKTA

Ratusan mobil berdebu tersebut adalah korban banjir. Pembagian mobil-mobil itu menjurus penipuan.


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version