News  

Update Terkini Proyek Bukit Algoritma, Hampir Dua Tahun ‘Mangkrak’

Update Terkini Proyek Bukit Algoritma, Hampir Dua Tahun ‘Mangkrak’

Suara.com – Sukabumi merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat sekaligus sebagai Kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa. Diberitakan bahwa, Sukabumi memiliki rencana mega yang cukup banyak. Salah satunya proyek Bukit Alogoritma. Lantas, bagaimana perkembangan proyek Bukit Algoritma?

Melansir dari berbagai sumber, proyek Bukit Algoritma atau yang disebut juga sebagai proyek Silicon Valley ala Indonesia ini adalah salah satu mega proyek Sukabumi yang hingga saat ini belum tampak perkembangannya.

Ya, sampai kini, pembangunan Bukit Algoritma yang terletak di Kecamatan Cikidang, Sukabumi ini masih juga belum jelas bagaimana perkembangannya.

Padahal groundbreaking mega proyek ini dilakukan pada Rabu, 9 Juni 2021. Namun masih belum juga tampak adanya kemajuan pembangunan alias jalan ditempat.

Baca Juga:
Persib vs RANS, Bobotoh Ngebet Menantikan Debut Anak Sukabumi, Luis Milla Please

Diketahui, Proyek Bukit Algoritma ini digagas oleh aktivis Budiman Sudjatmiko yang kemudian akan digarap oleh PT AMKA atau Amarta Karya (Persero). Namun, sangat disayangkan karena usai kegiatan groundbreaking, proses pembangunan masih belum terlihat hilalnya.

Rencana pembangunan infrastruktur Bukit Algoritma seperti fasilitas air bersih, akses jalan raya, gedung konvensi, pembangkit tenaga listrik, dan berbagai fasilitas lainnya masih belum ada pembangunan. Padahal digadang-gadang mega proyek ini akan jadi awal pembangunan pengembangan industri 4.0.

Selain pembangunan mega proyek Bukit Algoritma, ada juga pembangunan mega proyek lainnya yang jalan di tempat yaitu proyek pembangunan Bandara Cikembar Sukabumi dan Double Track Sukabumi-Bogor.

Peletakan batu pertama Bukit Algoritma di wilayah Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Rabu (9/6/2021). [Sukabumiupdate.com]
Peletakan batu pertama Bukit Algoritma di wilayah Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Rabu (9/6/2021). [Sukabumiupdate.com]

Untuk proyek pembangunan Bandara Sukabumi ini berada di Kecamatan Cikembar, Sukabumi. Proyek pembangunan bandara ini sudah mulai dilakukan pada tahun 2019 tahu lalu. Namun kemudian pembangunan diundur ke tahun berikutnya. Dan kabar terkini menyebutkan bahwa, pembangunan akan mulai kembali dilakukan tahun 2023.

Sedangkan untuk rencana proyek Double Track Sukabumi-Bogor sudah ramai diperbincangkan sejak tahun 2017 yang menelan total anggaran hingga 1,1 trilyun. Namun sampai saat ini, proyek ini pun masih jalan tempat dan tak ada kejelasan.

Baca Juga:
Detik-detik Anak SD Balap Motor Liar Tabrak Tukang Bakso

Diketahui saat ini bahwa, proyek double track (jalur ganda) hanya berjalan hingga Cicurug. Hanya saja jalur tersebut juga masih belum dapat digunakan secara permanen. 


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!