News  

Teken Kerjasama Pertahanan dengan Menhan Turki di Bali, Prabowo: Akhirnya Bisa Terjadi

Teken Kerjasama Pertahanan dengan Menhan Turki di Bali, Prabowo: Akhirnya Bisa Terjadi

Suara.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk bidang pertahanan di Bali, Senin (14/11/2022).

“Akhirnya kesepakatan ini bisa terjadi hari ini,” kata Prabowo.

Prabowo mengungkapkan penandatanganan kesepakatan tersebut sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Namun harus diundur karena pandemi Covid-19.

Prabowo menyebut kalau perjanjian itu bukan hanya antar pemerintah. Tapi juga antar perusahaan untuk memperkuat kemakmuran bilateral kedua negara.

Baca Juga:
Turki Diguncang Ledakan Bom, Prabowo Sampaikan Duka Cita Langsung ke Menhan Hulusi Akar

Pada kesempatan tersebut, Prabowo juga menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang turut mengapresiasi terjalinnya sejumlah kerjasama yang dilakukan Indonesia-Turki.

“Saya menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk pertemuan bilateral ini. Beliau juga mengapresiasi semua agreement yang terjalin,” ujarnya.

Selain bidang pertahanan, penandatanganan kerjasama bilateral juga dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Luar Negeri, Badan Riset dan Inovasi Nasional yang dihadiri langsung oleh Menteri terkait serta sejumlah perusahaan yang juga menjalin kerja sama dengan Turki.

Prabowo optimistis sejumlah perjanjian yang ditandatangani pemerintah RI dengan Turki hari ini dapat memantik kerjasama lain yang bertujuan untuk memakmurkan kedua negara.

Ia berharap setiap kesepakatan yang terjadi dapat diimplementasikan pada kedua negara. Ia menyebut pertemuan hari ini juga diharapkan dapat memperkuat persaudaraan Indonesia dan Turki.

Baca Juga:
Polisi Turki Telah Tangkap 46 Orang yang Diduga Terlibat dalam Ledakan di Istanbul

“Hubungan ini baik ketika bisa berkontribusi untuk menguatkan kemakmuran kedua negara,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo sempat menyampaikan ucapan duka cita kepada pemerintah Turki atas ledakan bom yang terjadi di Istanbul, Turki, Minggu (13/11/2022).

“Turut berdukacita sedalam-dalamnya, dan kami bersimpati atas ledakan bom yang terjadi di Istanbul, Turki kemarin.”


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.