News

Berikut Contoh Senam Lantai dan Cara Mempraktekanya

PORTAL-RAKYAT – Senam lantai merupakan satu di antara jenis olahraga senam yang cukup populer di dunia. Olahraga tersebut bisa dilakukan siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.

Sesuai dengan namanya, senam lantai dilakukan di atas permukaan lantai dengan menggunakan alas berupa sebuah matras. Adanya matras tersebut sebagai alat bantu utama yang berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Hal itu dikarenakan saat melakukan gerakan senam tersebut sering bersentuhan dengan lantai. Dalam praktiknya, senam lantai banyak menggunakan gerakan seperti mengguling, melompat, menolak, dan bertumpu dengan tangan atau kaki, dan lain sebagainya.

Gerakan senam lantai tersebut bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun luar ruangan. Untuk bisa melakukan senam lantai, pastikan berada dalam kondisi fisik yang prima.

Di sisi lain, ada macam-macam senam lantai yang bisa dilakukan, dari yang tingkat kesulitannya rendah hingga yang butuh latihan bertahun-tahun untuk menguasainya.

Apa saja macam-macam senam lantai dan bagaimana cara melakukannya?

Berikut ini macam-macam senam lantai dan cara melakukannya

Roll Depan

Macam-macam senam lantai yang pertama ialah roll depan. Praktik senam roll depan ialah melakukan gerakan berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang).

Roll depan ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan guling ke depan dengan sikap awal jongkok atau guling ke depan dengan sikap awal berdiri. Gerakan senam lantai roll depan ini sangat mudah dilakukan.

Namun, di balik kemudahan itu tetap perlu memperhatikan teknik yang benar agar tidak membahayakan keselamatan. Berikut ini cara melakukan roll depan yang benar.

  • Pertama, lakukan sikap jongkok. Kedua, rapatkan kaki, letakkan lutut ke dada dan kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm.
  • Selanjutnya bengkokkan kedua tangan, letakkan pundak pada matras dengan menundukkan kepala, dagu sampai ke dada.
  • Lanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan, ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

Roll Belakang

Macam-macam senam lantai yang selanjutnya adalah roll belakang. Gerakan roll belakang tentunya merupakan kebalikan dari roll depan.

Kalau roll depan berguling ke arah depan, sedangkan roll belakang berguling ke arah belakang, melewati bagian tubuh belakang mulai pundak bagian belakang, pinggul bagian belakang, punggung bagian belakang, dan tengkuk bagian belakang.

Cara melakukan roll belakang yang benar.

  • Sikap permulaan dalam posisi jongkok, dengan kedua tangan berada di depan dan kaki sedikit rapat.
  • Tundukkan kepala, kemudian kaki menolak ke belakang.
  • Pada saat panggul mengenai matras, kedua tangan segera dilipat ke samping telinga dan telapak tangan menghadap ke bagian atas untuk siap menolak.
  • Kaki segera diayunkan ke belakang melewati kepala, kemudian dibantu kedua tangan menolak kuat dan kedua kaki dilipat sampai ujung kaki mendarat di atas matras.
  • Pada saat kedua ujung kaki menyentuh matras di belakang kepala, kedua telapak tangan menekan matras hingga tangan lurus dan kepala terangkat.
  • Terakhir ambil sikap jongkok, dengan posisi badan lurus ke depan sejajar bahu, lalu berdiri.

Kayang

Selanjutnya, macam-macam senam lantai yang bisa kamu lakukan adalah kayang. Yap, kayang juga merupakan sebuah gerakan senam lantai dengan posisi kedua tangan dan kaki bertumpu pada matras dengan posisi terbalik kemudian meregang dan panggul serta perut diangkat ke atas.

Manfaat dan tujuan dari melakukan kayang ini adalah untuk melatih tubuh agar tetap lentur. Terutama pada bagian bahu. Untuk melakukan gerakan senam lantai kayang ini bisa dengan dua cara, yaitu dari sikap tidur dan dari sikap berdiri. Berikut cara melakukan senam lantai kayang.

  1. Cara melakukan kayang dari sikap berdiri: Persiapkan diri dengan berdiri tegak dan kaki sedikit terbuka. Posisikan kedua tangan masing-masing berada di samping kaki. Gerakkan tangan secara bersamaan atau satu tangan dengan mengayunkannya ke belakang. Kepala tengadah, kemudian badan melenting ke belakang, pastikan jika posisi telapak tangan menyentuh atau mendarat pada matras dengan baik. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan bantuan tembok. Hal ini untuk menghindari cedera dan tidak membuat kamu terlalu lelah bagi seorang pemula.
  2. Cara melakukan kayang dari sikap tidur: Awali gerakan dengan tidur terlentang. Tekuk kedua lutut kamu, setelah itu rapatkan kedua tumit pada pinggul. Tekuk kedua siku tangan kamu, kemudian telapak tangan bertumpu pada matras dan tempatkan ibu jari di samping telinga. Lakukan gerakan badan diangkat pelan pelan keatas, kemudian disusul dengan dorongan dari kedua tangan dan kaki lurus. Terakhir, lakukan gerakan kepala masuk di antara kedua tangan.

Headstand dan Handstand

  1. Headstand

Macam-macam senam lantai selanjutnya yang cukup populer, yaitu headstand. Kamu bisa melakukannya di rumah, tetapi gerakan senam lantai ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Cara melakukan gerakan headstand:

  • Berdiri tegak kedua kaki rapat dan kedua lengan lurus rapat di samping badan, pandangan ke depan.
  • Bungkukkan badan ke depan, letakkan kedua telapak tangan di matras.
  • Letakkan pula dahi di matras di antara kedua tangan. Letakkan kedua tangan dan dahi membentuk segitiga sama sisi.
  • Angkat pinggul ke atas, badan tegak lurus pada matras.
  • Luruskan kaki ke atas, jaga keseimbangan, dan pertahankan beberapa saat.
  1. Handstand

Handstand juga merupakan macam-macam gerakan senam lantai yang harus kamu ketahui. Tidak berbeda jauh dengan headstand, kamu harus berhati-hati dalam menerapkannya.

Cara melakukan gerakan handstand:

  • Berdiri tegak dengan satu di antara kaki berada di depan dan kedua tangan lurus di atas dengan telapak tangan terbuka, kemudian letakkan telapak tangan bertumpu di matras.
  • Bungkukkan badan ke depan, kedua tangan tetap lurus, lalu ayunkan kaki ke belakang atas, diikuti kaki yang satunya dan rapatkan sehingga membentuk garis vertikal antara lengan, badan, dan kedua kaki lurus ke atas.
  • Ayunkan kaki kanan dalam keadaan lurus ke atas sehingga kaki kiri juga ikut terangkat ke atas, pertahankan sikap tersebut beberapa saat, jaga keseimbangan tubuh.
  • Kembali ke sikap awal, yaitu berdiri tegak, kedua lengan lurus di samping badan dan pandangan tetap ke depan.

Manfaat Senam Lantai

  1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh
  2. Tulang kuat dan sehat
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh
  4. Membantu membakar kalori
  5. Membantu menguatkan otot
  6. Meningkatkan kedisiplinan diri sendiri
  7. Mengatasi depresi
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top