News  

Selama 20 Tahun di Indonesia, Honda Sudah Produksi 1,7 juta unit Mobil

Selama 20 Tahun di Indonesia, Honda Sudah Produksi 1,7 juta unit Mobil

JawaPos.com – Hari ini PT Honda Prospect Motor menggelar seremoni peringatan dua puluh tahun (28/2) beroperasinya pabrik Honda di Indonesia di Karawang, Jawa Barat. Honda menegaskan komitmen untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, sekaligus memperkenalkan produk terbarunya yang akan dikirimkan untuk memenuhi permintaan pasar ekspor.

Sebagai informasi HPM memulai produksi pertama di pabrik Karawang pada Februari 2003. Pabrik pertama yang memiliki luas bangunan 80.324 m2 mempunyai kapasitas maksimal produksi hingga 80.000 unit per tahun.

Sedangkan pabrik kedua yang diresmikan pada Januari 2014 mempunyai luas bangunan 145.760 m2 mempunyai kapasitas maksimal produksi hingga 120.000 unit per tahun. Dengan hadirnya pabrik kedua, HPM ini dapat meningkatkan kapasitas produksi hingga maksimal 200.000 unit per tahun.

Untuk mengembangkan dan memperkuat bisnisnya di Indonesia, HPM juga membangun Pabrik Conrod yang sudah beroperasi pada Desember 2022 yang lalu. Selain itu pabrikan Jepang ini telah memiliki pabrik stamping yang mulai beroperasi pada Mei 2016.

Pabrik ini memproduksi panel samping, atap, lantai dan sebagainya, didukung sistem canggih seperti Automatic Continuous Process dan sistem Robotic. Selain pabrik Stamping, HPM juga telah memulai operasi pabrik Crankshaft pada September 2016 lalu.

Hiroshi Tokutake, Executive Vice President Asian Honda Motor Co., Ltd. dalam keterangan resminya hari ini Selasa (28/2) mengatakan bahwa pasar Indonesia sangat penting untuk bisnis Honda secara regional dan global. HPM merupakan pasar terbesar di kawasan ASEAN dan juga Asia Oceania.

“Operasional pabrik HPM di Karawang, Indonesia, merupakan wujud konsistensi Honda untuk memproduksi berbagai model dengan kualitas standar internasional untuk pasar domestik dan ekspor,” ujarnya.

Sementara itu, Kotaro Shimizu, President Director PT HPM, menjelaskan, sejalan dengan visi Honda untuk menjadi perusahaan yang diinginkan masyarakat Indonesia dengan memaksimalkan kebahagiaan pelanggan.

“Kami sangat senang dan bangga atas kesempatan untuk membawa lebih banyak kegembiraan bagi pelanggan di luar Indonesia. Kami berharap, pabrik kami dan ekspor produk kami tidak hanya memenuhi visi HPM, tetapi juga terus memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Pencapaian 1 Juta unit produksi dirayakan di pabrik Karawang, Jawa Barat, pada 27 Februari 2017. Hingga saat ini, HPM telah memproduksi lebih dari 1,7 juta unit dimana memproduksi model-model favorit yaitu Honda Brio, All New Honda BR-V, All New Honda HR-V, Honda CR-V, Honda Mobilio dan produk terbaru Honda yaitu Honda WR-V.

Honda WR-V diluncurkan pada November 2022 hingga Januari 2023 berhasil terjual sebanyak 2.411 unit. Sebagai bagian dari lini SUV Honda, Honda WR-V juga dibekali karakter yang menjadi ciri khas SUV Honda lainnya seperti ground clearance tinggi, performa mesin yang bertenaga, kabin yang luas, serta teknologi yang canggih.

Kedepannya HPM akan mulai mengekspor model-model terbarunya seperti Honda WR-V ke beberapa negara. Sebelumnya telah berhasil mengekspor sebanyak 31,380 unit dengan model favorit Honda yaitu Honda Brio sejak April 2019 ke Vietnam dan Filipina.

All New Honda BR-V sejak Maret 2022 ke sekitar 30 negara di seluruh dunia diantaranya Jamaica, Grand Cayman, Barbados, Trinidad & Tobago, Grenada, St. Kitts, St. Lucia, Thailand, Afrika Selatan, Bangladesh dan Filipina.

Selain memproduksi mobil, pabrik HPM juga telah mengekspor berbagai komponen mobil seperti Engine parts: Cylinder Head, Cylinder Block dan Body Parts: Hood Comp, Panel RR Inside, Panel FR/RR Door, Skin Hood, Frame Hood.

Sebagai informasi pabrik ini juga mempunyai berbagai fasilitas pendukung seperti Road Test Facility, Engine Plant, Car Pool, Stamping, Crankshaft, Engine Bench Test Facility dan Conrod.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

error: Content is protected !!