News  

PT PAL: KBRS dr Radjiman Wedyodiningrat setara RS tipe C plus

PT PAL: KBRS dr Radjiman Wedyodiningrat setara RS tipe C plus

Kapal BRS ini telah memenuhi parameter keberhasilan salah satunya dengan tercapainya maximum speed saat kondisi full load yakni rata-rata 18,3 knots (gps) melebihi target yakni 18 knots, bahkan sempat tercapai kecepatan 19,7 knots

Surabaya (ANTARA) – PT PAL Indonesia menyatakan Kapal Bantu Rumah Sakit (KBRS) dr Radjiman Wedyodiningrat-992 yang telah diserahterimakan kepada TNI Angkatan Laut (AL) pada Kamis (19/1) setara dengan rumah sakit (RS) tipe C plus.

CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Jumat, mengatakan, secara keseluruhan konstruksi kapal selesai dan sistem pendorong juga telah terpasang bersama dengan beberapa alat kesehatan di dalamnya.

“Kapal BRS ini telah memenuhi parameter keberhasilan salah satunya dengan tercapainya maximum speed saat kondisi full load yakni rata-rata 18,3 knots (gps) melebihi target yakni 18 knots, bahkan sempat tercapai kecepatan 19,7 knots,” kata Kaharuddin .

Menurut dia, kapabilitas serta fasilitas yang setara dengan rumah sakit tipe C Plus ini memiliki kemampuan operasi yang sama dan ada fitur tambahan yang tidak dimiliki tipe rumah sakit setara pada umumnya.

“Adanya CT Scan, X-Ray, hingga ruang isolasi yang didukung dengan sistem ventilasi terpisah dan pengendali tekanan udara, sehingga dapat mendukung dalam menangani wabah penyakit menular, serta evakuasi massal untuk mencegah penyebaran wabah lebih lanjut,” kata dia.

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali saat serah terima KBRS dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 mengatakan, kapal tersebut selanjutnya disiagakan di Satuan Komando Armada (Koarmada) I Jakarta.

KSAL mengatakan KBRS dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 telah melalui berbagai rangkaian uji kelaikan, di antaranya Harbour Acceptance Test (HAT), Sea Acceptance Test (SAT) serta puncaknya telah dilakukan inspeksi oleh jajaran perwira tinggi TNI AL dalam kegiatan Commodore Inspection.

“Kapal ini memiliki nilai manfaat yang sangat tinggi. Terutama dalam hal operasi militer selain perang, seperti dalam bakti kesehatan dan bakti kepedulian sosial,” katanya.

Selain itu, kapal ini akan sangat berfungsi dan bermanfaat sekali ketika terjadi bencana dan dapat beroperasi dengan optimal.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran manajemen PT PAL Indonesia, yang telah sukses merampungkan pembangunan KRI dr. Wadjiman Wedyodiningrat-992 dengan tepat mutu dan tepat waktu,” kata dia.

Kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 didesain khusus agar mampu menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, dan dapat menjadi salah satu solusi pemenuhan fasilitas kesehatan dalam negeri.

Sementara itu, dalam acara serah-terima kapal BRS ke-2 juga dilaksanakan upacara peresmian dan pengukuhan Komandan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yakni Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono.

Baca juga: PAL gandeng Kongsberg dan PT Lundin kembangkan kapal serang ringan

Baca juga: PT PAL gandeng Naval Prancis kembangkan baterai lithium kapal selam

Baca juga: Presiden minta PT. PAL tindaklanjuti pesanan LPD kawasan Arab

Pewarta: Abdul Hakim/Abdul Malik
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version