News  

Produsen Motor Listrik Asal AS Turut Ramaikan Ajang KTT G20

Produsen Motor Listrik Asal AS Turut Ramaikan Ajang KTT G20

JawaPos.com – KTT G20 di Nusa Dua, Bali, diketahui menjadi ajang unjuk gigi pabrikan otomotif pamer teknologi kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV)-nya. Banyak merek otomotif baik roda dua atau roda empat memberikan pinjaman EV-nya untuk digunakan sebagai angkutan delegasi sampai sarana mobilitas penyelenggara dan tim keamanan.

Tercatat di KTT G20 ini yang memberikan sumbangsih kendaraan listrik adalah Hyundai, Toyota, AHM dan beberapa merek lainnya dari Tiongkok. Ternyata tidak itu saja. Zero Motorcycles, produsen sepeda motor listrik asal Amerika Serikat (AS) juga ambil bagian di acara ini.

Hampir 300 unit Zero Motorcycles digunakan selama KTT G20 ini berlangsung. Hal ini diklaim menjadi tonggak baru bagi Indonesia sebagai salah satu ekonomi terbesar di dunia dalam upaya mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil sekaligus mendorong pengurangan emisi global secara signifikan.

“Kemitraan yang sangat baik antara P
Pemerintah Indonesia dan Zero Motorcycles kami harap dapat memenuhi tujuan jangka panjang meraih zero emission yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo,” kata Harun Sjech, CEO PT Elektrik Motoriz Global, Authorized Distributor Zero Motorcycles di Indonesia.

Zero Motorcycles tipe DSRP digunakan secara eksklusif oleh Polri, sementara TNI dilengkapi tipe SR/S dan SR/F yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan pengamanan dan pengawalan khusus.

“Kami mengapresiasi Presiden Joko Widodo dan seluruh jajaran pemerintah Indonesia atas visinya yang jelas, kepemimpinan iklim, dan kecepatan dalam mempersiapkan, melengkapi dan melatih staf mereka untuk KTT G20,” kata Sam Paschel, CEO Zero Motorcycles.

Sebagai informasi, Zero Motorcycles yang didirikan pada tahun 2006, telah beroperasi di lebih dari 40 negara. Saat ini Zero Motorcycles memiliki 10 model yang dibangun berdasarkan tiga platform berbeda untuk kebutuhan jalan raya serta dual purpose.

Selain itu juga terdapat model yang secara khusus dirancang untuk digunakan oleh Armada Polisi dan Militer, yang kini telah digunakan oleh lebih dari 240 institusi di Amerika Serikat dan berbagai belahan dunia lainnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.