News  

Niat Sholat Hajat 2 dan 4 Rakaat Beserta Panduan Tata Cara dan Doa

Niat Sholat Hajat 2 dan 4 Rakaat Beserta Panduan Tata Cara dan Doa

Suara.com – Bagi umat Muslim yang memiliki keinginan atau hajat bisa mengerjakan amalan sholat hajat. Seperti apa bacaan niat sholat hajat 2 rakaat dan 4 rakaat?

Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan paling banyak adalah dua belas rakaat. Waktu terbaik untuk mengerjakan sholat hajat yakni di waktu setelah sholat subuh hingga terbit matahari serta waktu ashar hingga matahari terbenam.

Keutamaan shilat hajat adalah sebagai salah satu bentuk ikhtiar memohon pertolongan kepada Allah SWT agar suatu hajat kita dikabulkan. Selain itu, sholat hajat juga dapat meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Sebelum memulai sholat hajat, perlu diketahui bacaan niat sholat hajat hingga tata cara sholat hajat yang benar.

Niat Sholat Hajat

Seperti dijelaskan di atas, sholat hajat dapat dikerjakan paling sedikit 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Adapun pembagian rakaatnya yang bisa dipilih adalah 2 rakaat salam atau 4 rakaat salam.

Bacaan niat sholat hajat 2 rakaat atau 4 rakaat berbeda. Oleh karenanya, perhatikan bacaan niat sholat hajat keduanya di bawah ini.

Niat Sholat Hajat 2 Rakaat

“Ushall sunnatal hjati rak‘ataini ad’an lillhi ta‘aalaa.”

Artinya: “Aku menyengaja shalat sunnah hajat dua rakaat tunai karena Allah SWT.”

Niat Sholat Hajat 4 Rakaat

“Ushalli sunnatal haajati arba’a rok’ayaini lillahi ta’aalaa”

Artinya: “Aku niat sholat sunat hajat empat rakaat karena Allah ta’alaa.”

Tata Cara Sholat Hajat yang Benar

Berikut ini tata cara sholat hajat yang dapat Anda lakukan.

1. Membaca niat sholat hajat

2. Takbiratul ihram dan membaca doa Iftitah

3. Membaca Surat Al-Fatihah dan dilanjutkan membaca surat pendek Al-Quran (disarankan membaca Ayat Kursi dan surat Al-Ikhlas

4. Ruku’ dan membaca doanya

5. I’tidal dan membaca doanya

6. Sujud dan membaca doanya

7. Duduk diantara dua sujud dan membaca doanya

8. Sujud kedua dan membaca doanya

9. Kemudian berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua sebagaimana tata caranya sama seperti rakaat pertama

10. Duduk tasyahud akhir dan membaca doanya

11. Salam

Doa Setelah Sholat Hajat

“Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.”

Artinya:

“Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang”.

Demikian penjelasan mengenai bacaan niat sholat hajat 2 rakaat dan 4 rakaat beserta panduan tta cara sholat hajat yang benar.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!