News  

Menkeu: Penegakan hukum fondasi kuat pengembangan sektor keuangan

Menkeu: Penegakan hukum fondasi kuat pengembangan sektor keuangan

Sektor keuangan hanya bisa berkembang kalau ada kepastian hukum dan adanya kepastian dari sisi regulasi

Jakarta (ANTARA) – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan penegakan hukum yang konsisten akan menjadi fondasi yang luar biasa kuat dan penting bagi pengembangan sektor keuangan serta pembangunan ekonomi.

“Sektor keuangan hanya bisa berkembang kalau ada kepastian hukum dan adanya kepastian dari sisi regulasi,” ujar Sri Mulyani dalam Rakernis Bareskrim secara virtual, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Maka dari itu, dirinya mengapresiasi peran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam mendukung terciptanya kepastian hukum dan regulasi di Indonesia.

Baca juga: Wapres Ma’ruf minta penegakan aturan hukum bidang kebencanaan

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus mendukung institusi Polri agar bisa berperan aktif dalam menjaga stabilitas keamanan serta kepastian berusaha. Dalam 10 tahun terakhir, Polri merupakan salah satu instansi yang mendapatkan dukungan penuh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Oleh karenanya, kenaikan anggaran Polri diharapkan bisa mewujudkan kepolisian yang profesional serta bisa bersikap dan melaksanakan tugas secara presisi, seperti yang digariskan oleh pimpinan kepolisian.

Ia mengungkapkan anggaran kepolisian dialokasikan dalam rangka menjamin profesionalisme, peningkatan kualitas peralatan, serta perbaikan berbagai sarana dan prasarana yang jauh lebih maju pada saat ini.

“Di dalam beberapa Rapim Polri saya selalu menyampaikan kepolisian itu saya ibaratkan kendaraan, bahan bakarnya sudah diisi secara penuh dan diharapkan akan tancap gas dan mengemudi dengan presisi,” kata Menkeu.

Bendahara Negara tersebut menuturkan Indonesia saat ini menjadi tempat destinasi dari berbagai kegiatan internasional seperti G20, Piala Dunia U-20, MotoGP Mandalika, bahkan konser Blackpink yang menarik antusiasme luar biasa besar dari masyarakat.

Semua kegiatan tersebut hanya bisa berjalan jika ekonomi Indonesia stabil dan posisi ekonomi masyarakat sudah membaik, sehingga masyarakat bisa menikmati berbagai kegiatan internasional. Namun yang sangat penting karena keamanan dan stabilitas domestik berjalan dengan baik.

Dia pun berharap transformasi Polri untuk menjadi instansi yang diakui, dipercaya, dan dihormati akan terus berjalan secara baik.

“Kami akan terus bersama-sama dengan kepolisian untuk terus membangun stabilitas keamanan negara secara kondusif melalui peran kita dalam mendukung kepolisian dari sisi anggaran,” katanya.

Baca juga: Survei LSI sebut kepercayaan publik naik terhadap penegakan hukum

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version