News  

Mengenal Apa Itu BWF Hall of Fame, Taufik Hidayat Protes karena Lee Chong Wei Masuk

Mengenal Apa Itu BWF Hall of Fame, Taufik Hidayat Protes karena Lee Chong Wei Masuk

Suara.com – Atlet bulu tangkis RI, Taufik Hidayat melayangkan protes keras terhadap BWF Hall of Fame. Taufik tak terima rivalnya, yakni pebulutangkis asal Malaysia Lee Chong Wei masuk dalam Hall of Fame BWF bersama dengan pebulutangkis China Lin Dan. 

Taufik sontak menyindir dengan membandingkan prestasi Lee Chong Wei yang ia nilai urung memadai untuk masuk BWF Hall of Fame.

“Dalam sebuah kompetisi juara bukanlah seorang yang paling konsisten sebagai nomor satu. Siapa yang akan kamu pilih? Pebulutangkis yang telah memenangkan 10 medali perak atau yang memenangkan emas satu kali,” protes Taufik.

Taufik dalam sebuah siniar alias podcast juga menaruh curiga alasan Lee Chong Wei bisa masuk lantaran BWF Hall of Fame berkantor di Malaysia.

Baca Juga:
Gegara Protes Lee Chong Wei Masuk Hall of Fame BWF, Instagram Taufik Hidayat Jadi Ajang Perang Netizen Indonesia dengan Malaysia

“Ya nggak apa-apa dia dapat penghargaan itu. Mungkin dia lebih pantas menurut BWF, karena dia yang ngasih kan. Kebetulan BWF itu berkantor di Malaysia, ya silakan saja,” sindir Taufik.

Lantas, apa sebenarnya BWF Hall of Fame itu?

BWF Hall of Fame: Menghimpun 10 atlet dari Indonesia

Badminton World Federation (BWF) Hall of Fame adalah organisasi pemberi penghargaan yang berkantor di Kuala Lumpur, Malaysia.

Organisasi ini bersifat nonprofit alias tak mengambil keuntungan dari kegiatan mereka. BWF Hall of Fame didedisaksikan untuk memberi penghargaan pada atlet badminton berprestasi.

Baca Juga:
Link Live Streaming Semifinal Thailand Open 2023, Perebutan Tiket Final!

Sebanyak 10 atlet bulutangkis veteran dari Indonesia turut meramaikan BWF Hall of Fame, beberapa di antaranya ada Liliyana Natsir, Susi Susanti, hingga sosok legenda Liem Swie King.

Liliyana menjadi atlet Indonesia terbaru yang masuk ke daftar ini. Pebulutangkis wanita ini menerima penghargaan BWF Hall of Fame pada 17 Juni 2022 tahun lalu.

Liliyana Natsir memiliki berbagai prestasi yang membuatnya berhasil dinobatkan oleh BWF Hall of Fame. Ia sudah sebanyak 4 kali menjadi juara dunia bersama dua pasangan berbeda pada kategori sektor ganda campuran.

Meski menjadi atlet bulu tangkis ternama di era modern, nama Taufik Hidayat tak masuk di BWF Hall of Fame. 

Syarat atlet badminton bisa masuk BWF Hall of Fame

Lantas, seperti apa syarat seorang atlet bisa masuk BWF Hall of Fame jika sosok Taufik Hidayat saja urung dinilai layak masuk?

Mengutip statuta BWF tentang Peraturan Penghargaan BWF, berikut kriteria yang harus dipenuhi oleh seorang atlet ketika hendak menerima penghargaan BWF Hall of Fame:

  1. Hasil dan prestasi luar biasa selama karier bermain penuh.
  2. Kontribusi signifikan untuk olahraga di luar penampilan lapangan.
  3. Teladan, sosok panutan yang patut dicontoh.
  4. Harus sudah pensiun dari kompetisi bulu tangkis internasional atau tidak menjadi bagian penting di sirkuit internasional untuk jangka waktu tiga tahun atau lebih .
  5. Dinominasikan untuk badminton/para badminton, dihormati secara internasional dalam olahraga, dan dihormati oleh badan olahraga dunia, seperti IOC, IPC, ASOIF, SportAccord, WADA.

Kontributor : Armand Ilham


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!