News  

KTT B20 hasilkan komunike dan 25 rekomendasi kebijakan

KTT B20 hasilkan komunike dan 25 rekomendasi kebijakan

Nusa Dua, Bali (ANTARA) – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) B20 yang merupakan forum resmi G20 yang mewakili komunitas bisnis global, telah menghasilkan komunike dan 25 rekomendasi kebijakan.

Ketua B20 Indonesia Shinta Kamdani menyebut rekomendasi tersebut adalah warisan atau legacy untuk mendukung kebangkitan ekonomi global dari pandemi COVID-19.

“Saya mengingat kembali ketika Presiden RI meminta B20 bekerja sama untuk berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi, dan sekarang kita memasuki era baru dengan reboot yang hebat dan kemampuan mengelola bahkan untuk keluar dari krisis,” kata Shinta dalam penutupan KTT B20 di Nusa Dua, Bali, pada Senin.

Pemulihan ekonomi pascapandemi, kata dia, ditunjukkan dengan bisnis yang mulai berinovasi untuk memanfaatkan peluang baru serta adanya rebound perdagangan.

“Sekarang kita memiliki peluang untuk era ekonomi baru yang berbasis kerja sama. Dalam semangat itulah saya bangga menyampaikan komunike B20 Indonesia yang mencakup rekomendasi bersama kami untuk para pemimpin G20,” tutur dia.

Komunike B20 yang dihasilkan di bawah kepemimpinan Indonesia mencakup tiga elemen utama yaitu inovasi, inklusifitas, dan kolaborasi.

Baca juga: Sri Mulyani: Forum B20 Presidensi RI lunakkan ketegangan geopolitik

Inovasi berfokus pada upaya untuk membuka kunci pertumbuhan ekonomi pasca krisis, termasuk di antaranya membuka peluang digital di seluruh perekonomian, memperluas kerja sama untuk merespons kejahatan dunia maya, dan meningkatkan dana untuk infrastruktur hijau melalui mekanisme pembiayaan inovatif yang mempercepat transisi energi.

Dalam mewujudkan inklusifitas, Indonesia mendorong percepatan transformasi digital untuk pemberdayaan UMKM dan kelompok rentan dengan fokus pada kapabilitas, kewirausahaan, dan penciptaan lapangan kerja

Sementara semangat kolaborasi antara negara maju dan negara berkembang perlu dimajukan terutama untuk mewujudkan arsitektur layanan kesehatan yang lebih adil dan membuat pedoman tentang kesiapsiagaan darurat kesehatan di masa depan.

“Bersama-sama, kita telah mencapai konsensus dengan 25 rekomendasi kebijakan dan 68 aksi kebijakan,” kata Shinta.

Baca juga: Elon Musk: Indonesia punya masa depan yang cerah

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version