News  

KPU Kepri lakukan upaya restrukturisasi TPS Pemilu 2024

KPU Kepri lakukan upaya restrukturisasi TPS Pemilu 2024

Tanjungpinang (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau (KPU Kepri) melakukan upaya restrukturisasi tempat pemungutan suara (TPS) jelang Pemilu 2024 agar jumlahnya lebih efektif dan efisien.

“KPU se-Indonesia, termasuk KPU Kepri sedang melakukan agenda restrukturisasi TPS guna mencermati potensi pengurangan TPS yang sudah dipetakan untuk Pemilu 2024,” kata Komisioner KPU Kepri Priyo Handoko di Tanjungpinang, Selasa.

Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kepri itu menyatakan estimasi TPS Pemilu 2024 berjumlah sekitar 6.228 yang tersebar di tujuh kabupaten/kota setempat. Namun, jumlah TPS tersebut belum final karena tahapan Pemilu masih dan terus berproses.

Ia memastikan restrukturisasi TPS tetap mematuhi ketentuan atau regulasi dalam pembentukan TPS sesuai PKPU Nomor 7 Tahun 2022, antara lain tidak menggabungkan pemilih desa dan kelurahan yang berbeda dalam satu TPS, lalu tidak memisahkan pemilih dalam satu keluarga di TPS yang berbeda.

Kemudian menimbang aspek geografis dan kemudahan pemilih dalam memilih, baik dari segi akses jarak maupun waktu menuju TPS.

“Tujuan restrukturisasi ini jelas, mengefektifkan dan mengefisienkan TPS, karena ada batas limit pemilih dalam satu TPS itu 300 orang. Jadi kalau ada TPS yang pemilihnya hanya 150 orang, akan kita dorong minimal mendekati limit di kisaran 250 sampai 270 orang per TPS,” ujar Priyo.

Priyo menyebut belajar dari pengalaman Pemilu sebelumnya, ada dalam satu TPS jumlah pemilih cuma berkisar 120 orang, contohnya di kawasan perumahan perkotaan. Hal ini biasanya dikarenakan ego warga antarperumahan, misalnya warga perumahan A enggan memilih di TPS perumahan B, padahal letaknya sangat berdekatan.

“Itu contoh kecil TPS yang akan dilakukan restrukturisasi. Pasalnya, pembentukan TPS sangat berkaitan dengan logistik, pelayanan, hingga honor petugas KPPS,” ujar Priyo.

Dia menambahkan KPU Kepri segera berkonsolidasi dengan KPU Kabupaten/Kota untuk melihat apakah ada potensi pengurangan dari jumlah total 6.228 TPS Pemilu 2024 di Bumi Segantang Lada tersebut.

 

Pewarta: Ogen
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!