News  

Kemarin pemerintah tangani dampak kekeringan dan cuaca ekstrem

Kemarin pemerintah tangani dampak kekeringan dan cuaca ekstrem

Jakarta (ANTARA) –
Pada Senin (31/7), Badan Nasional Penanggulangan Bencana menjalankan upaya-upaya untuk mengatasi dampak kekeringan selama musim kemarau dan Presiden Joko Widodo memerintahkan penanganan dampak cuaca ekstrem di Papua Tengah dilakukan secepat-cepatnya.

Selain itu, ada warta lain mengenai mitigasi dan penanggulangan dampak fenomena El Nino yang bisa disimak kembali dalam ringkasan berita berikut.

 

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyampaikan bahwa kekeringan dan cuaca dingin ekstrem telah menyebabkan gagal panen dan mengakibatkan kematian enam orang di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

 

Presiden Joko Widodo menginstruksikan kementerian dan lembaga pemerintah terkait secepat-cepatnya menangani dampak cuaca ekstrem di bagian wilayah Provinsi Papua Tengah.

63 persen zona musim Indonesia terdampak El Nino

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa 63 persen dari 699 zona musim di Indonesia terdampak fenomena El Nino, yang menyebabkan musim kemarau menjadi lebih kering.

 

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana memprioritaskan operasi darat dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama musim kemarau, yang tahun ini lebih kering akibat fenomena El Nino.

Pemda diminta pastikan ketersediaan air untuk hadapi kekeringan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Suharyanto meminta pemerintah daerah (pemda) memastikan ketersediaan air untuk menghadapi kekeringan selama musim kemarau. “Khususnya di daerah-daerah yang biasanya timbul kekeringan,” katanya.​​​​​​​

 

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version