News  

Joyland Festival Bali 2023 lanjutkan tradisi jadi “melting pot”

Joyland Festival Bali 2023 lanjutkan tradisi jadi “melting pot”

Badung (ANTARA) – Joyland Festival 2023 di The Nusa Dua, Bali, melanjutkan tradisi menjadi elemen yang berbeda “melebur menjadi satu” sebagai suatu kesamaan budaya yang harmonis (melting pot)  yang mempertemukan ragam komunitas, bukan hanya para penikmat musik, melainkan juga komunitas film, komedi, dan kegiatan kreatif lainnya.

Pasalnya, Joyland Festival Bali pada 17 Maret 2023 sampai dengan 19 Maret 2023 kembali menyediakan panggung untuk komika stand-up comedy, ruang menonton aneka film pilihan, dan tempat untuk mengikuti berbagai workshop kerajinan tangan mulai dari melukis, merajut, mewarnai, sampai membaca tarot.

“Harapannya, Joyland ini menjadi melting pot untuk komunitas yang tertarik dengan film, komunitas musik, dan komedi, ada satu acara yang mengumpulkan mereka semua,” kata Co-Founder Plainsong Live Ferry Dermawan, yang menjadi promotor Joyland Festival, saat jumpa pers di kawasan The Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (16/3).

Ia lanjut menjelaskan Plainsong Live sebagai promotor Joyland Festival sengaja kembali menghadirkan ragam aktivitas di luar musik karena itu menjadi atraksi alternatif bagi para pengunjung, terutama mereka yang membawa keluarga dan anak-anak ke arena festival.

Untuk acara tahun ini, Joyland Festival Bali untuk pertama kalinya digelar di Peninsula Island, The Nusa Dua. Panggung-panggung konser pada Kamis terlihat telah berdiri megah menghadap ke arah Samudera Hindia.

Ferry menjelaskan Peninsula Island di The Nusa Dua terpilih sebagai lokasi festival setelah timnya mengecek dan mempertimbangkan 4–5 tempat lainnya. Ia menyebut pemandangan yang langsung menghadap Samudera Hindia, dan bentang alam di Pulau yang asri menjadi salah satu faktor Joyland Festival Bali 2023 digelar di Peninsula Island, The Nusa Dua.

“Pertimbangan utama pasti infrastruktur pendukungnya seperti akses menuju lokasi, parkir seperti apa, flow penonton masuk dan keluar, dan keindahannya bisa kami eksplor,” kata Ferry Dermawan.

Bentang alam di Peninsula Island juga yang menjadi salah satu cara Plainsong Live memikat para penampil terutama band-band papan atas dunia untuk tampil di panggung Joyland Festival.

“Kami waktu itu sempat membuat dokumentasi (tentang Peninsula Island sebagai lokasi acara, red.), dan kami lampirkan sebagai proposal kami terutama ke penampil-penampil internasional. Kami ingin menunjukkan tempatnya ini cantik banget,” kata Ferry.

Peninsula Island, Ferry menambahkan, sejalan dengan konsep Joyland Festival yang selalu digelar di tempat asri.

“Syarat memilih venue Joyland itu harus dapat green scenery-nya, harus ada rerumputan, dan segala macamnya,” kata dia.

Di luar itu, Plainsong Live memilih Peninsula Island karena luasnya yang mencapai lima hektare dan kapasitasnya dapat menampung sampai kurang lebih 10.000 orang.

“Kami untuk tahun ini memang membutuhkan tempat yang lebih besar (dibandingkan dengan acara tahun-tahun sebelumnya, red.) maka dari itu kami memilih Peninsula,” kata Ferry.

Joyland Festival Bali 2023 yang berlangsung sejak pukul 15.00 WITA, Jumat, terdiri atas tiga panggung musik, yaitu panggung utama Joyland Stage, kemudian Plainsong Live Stage, dan Lily Pad. Di samping itu, ada pula panggung stand-up comedy Shroom Gardens, yang komikanya dikurasi oleh Soleh Solihun, area menonton film-film hasil kurasi Ifa Isfansyah di Cinerillaz, dan ruang workshop White Peacock.

Di White Peacock, pengunjung dapat mengikuti aktivitas melukis wajah (face painting), mengepang rambut (hair braiding), melukis di botol minum, topi, dan kanvas, merajut, dan membaca tarot.

Sementara itu, untuk line-up yang menjadi highlight Joyland Festival Bali 2023, di antaranya band pop rock asal Prancis Phoenix, kemudian rapper dan penyanyi asal Inggris M.I.A, dan musisi Norwegia Sigrid.

Ferry menyebut ada belasan musisi mancanegara, dan lebih dari 50 musisi dari dalam negeri yang akan tampil di panggung Joyland Festival Bali 2023.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!