News  

Jawa Timur Jaring Atlet Bulu Tangkis untuk Persiapan Kejurnas

Jawa Timur Jaring Atlet Bulu Tangkis untuk Persiapan Kejurnas

JawaPos.com-Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Timur akan menyelenggarakan kejuaraan provinsi (kejurprov) besok (24/11) hingga Minggu (27/11) mendatang. Pesertanya tersebar dari tiga kategori usia. Yaitu, remaja (U-17), taruna (U-19), dan dewasa.

Atlet yang berpartisipasi merupakan perwakilan dari 38 kabupaten/kota se-Jatim. Menurut laman PBSI, sudah ada sekitar 300 peserta yang akan ikut serta.

’’Jadi, tiap daerah dapat kuota dua atlet per nomor. Tapi, khusus Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Pasuruan dapat kuota tiga,’’ kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Jatim Erick Kurnia kepada Jawa Pos.

Namun, dari tiga kategori usia yang dipertandingkan di Kejurprov Jatim, hanya satu yang bisa mengikuti kejuaraan nasional. Yaitu, di usia taruna. Sesuai kuota yang telah ditentukan, Jawa Timur boleh mengirimkan wakil di lima kategori.

’’Jadi, masing-masing lima tunggal putra, tunggal putri, ganda campuran, ganda putra, dan ganda putri,’’ terang Erick.

Lebih lanjut, Erick berharap kejurprov bisa jadi ajang seleksi untuk mencari atlet terbaik di Jatim. ’’Kami tentu berharap ada atlet dari Jatim yang juara di kejurnas,’’ kata Erick.

Kejurnas PBSI 2022 sendiri akan diselenggarakan pada 12–17 Desember di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur. Selain usia taruna, kejurnas mempertandingkan usia dewasa. ’’Untuk dewasa, kejurnasnya sistem beregu antarklub,’’ ungkap Erick.

Sementara itu, dalam ajang kejurprov esok, juga ada sekitar 18 atlet pemusatan latihan provinsi (puslatprov) PBSI Jatim yang tampil.

Mereka sejak akhir Oktober lalu telah menjalani latihan terpusat di GOR Sudirman, Surabaya. Meski atlet tersebut mewakili daerah masing-masing di ajang kejurprov, pelatih puslatprov PBSI Jatim Hadi Sugiyanto tetap menggelar evaluasi.

’’Kami akan lihat performa mereka. Harapannya, bisa tampil jauh lebih baik dari sebelumnya. Target kami terdekat di sirnas bulan Desember. Tapi, karena anak-anak ini banyak yang ikut kejurprov, jadi saya masukkan program latihan juga. Kami akan evaluasi nantinya,’’ papar Hadi.

Nomor yang Dipertandingkan di Kejurprov
– Tunggal remaja putra
– Tunggal remaja putri
– Ganda remaja putra
– Ganda remaja putri
– Ganda remaja campuran
– Tunggal taruna putra
– Tunggal taruna putri
– Ganda taruna putra
– Ganda taruna putri
– Ganda taruna campuran
– Tunggal dewasa putra
– Tunggal dewasa putri
– Ganda dewasa putra
– Ganda dewasa putri
– Ganda campuran dewasa


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.