News  

FIFA terkesan tradisi beberes timnas Jepang di ruang ganti Piala Dunia

FIFA terkesan tradisi beberes timnas Jepang di ruang ganti Piala Dunia

Jakarta (ANTARA) – Tidak hanya membuat kejutan setelah mengalahkan Jerman 2-1 dalam Piala Dunia 2022, Jepang juga turut menjadi sorotan setelah para penggemar dan para pemain Samurai Biru itu menerapkan tradisi beberes dan bersih-bersih di tribun maupun di ruang ganti pemain.

Rekaman para penggemar tengah membersihkan sampah di tribun Khalifa International Stadium viral di media sosial bersama foto-foto dari ruang ganti timnas Jepang ketika para pemainnya juga meninggalkan stadion dalam kondisi bersih dan rapi.

FIFA dalam unggahan di media sosialnya bahkan terkesan melihat lantai ruang ganti yang telah disapu bersih, rompi dan handuk yang dilipat dalam tumpukan yang rapi, disertai dengan deretan origami angsa yang disimpan di samping catatan ucapan terima kasih kepada penyelenggara.

Baca juga: Jepang siap buat kejutan lagi setelah tenggelamkan Jerman

Bagi orang Jepang, tradisi bersih-bersih itu bisa dibilang adalah hal yang lumrah dilakukan.

Di Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019, foto-foto ruang ganti disertai dengan ucapan terima kasih juga sempat menjadi sorotan dan membuat banyak orang terkesan dengan budaya unik tim tersebut.

Jepang akan melanjutkan laga Grup E Piala Dunia 2022 pada 27 November untuk menghadapi Kosta Rika, yang sebelumnya kalah telak 0-7 dari Spanyol pada pertandingan Rabu (23/11).

Jika Samurai Biru bisa memenangi pertandingan tersebut maka Jepang akan melaju ke fase gugur Piala Dunia 2022.

Baca juga: Jepang tiru Saudi ciptakan kejutan besar dengan gulung Jerman 2-1

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022


Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.