News  

Dispar Gunungkidul prediksi kunjungan wisatawan turun selama Ramadhan

Dispar Gunungkidul prediksi kunjungan wisatawan turun selama Ramadhan

Setiap Ramadhan, kunjungan wisatawan anjlok. Setiap akhir pekan yang biasa sekitar 5.000 wisatawan menjadi 500 wisatawan

Gunungkidul (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memprediksi kunjungan wisatawan selama Ramadhan 1444 H mengalami penurunan signifikan.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Arif Aldian di Gunungkidul, Jumat, mengatakan pada hari-hari biasa, khususnya Sabtu dan Minggu, jumlah kunjungan wisatawan sekitar 5.000 orang.

“Setiap Ramadhan, kunjungan wisatawan anjlok. Setiap akhir pekan yang biasa sekitar 5.000 wisatawan menjadi 500 wisatawan,” kata Arif Aldian.

Ia mengatakan saat ini merupakan masa low season (sepi pengunjung) untuk wisata. Masa ini biasanya berlangsung pada bulan Februari-Maret.

Low season sendiri rata-rata penurunannya sekitar 20 persen,” katanya.

Baca juga: Gunungkidul dikunjungi 32.426 wisatawan pada libur Natal 2022

Baca juga: Dispar gelar “Gunungkidul Tourism Fest” di Watu Gendong

Menurut dia, salah satu penyebabnya aktivitas sekolah juga sedang penuh. Jasa layanan wisata pun akan memangkas jadwal, merespons kondisi low season ini.

Meski begitu kondisi ini disebut tidak akan berlangsung lama. Menjelang libur lebaran, kunjungan wisata diperkirakan berangsur normal.

“Nanti baru ramai lagi saat libur Lebaran dan setelahnya,” kata Arif.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul Sunyoto juga mengatakan kunjungan wisata akan turun selama bulan puasa.

Namun antisipasi sudah dilakukan oleh pelaku wisata, terutama di hotel dan rumah makan. Jasa usaha pariwisata yang bergerak di bidang kuliner sudah menyiapkan berbagai paket pilihan untuk berbuka di objek wisata atau pusat kuliner dan hotel.

“Ini jadi salah satu solusi mengatasi kondisi sepi pengunjung. Kami menyiapkan paket buka puasa dengan harapan kunjungan wisatawan tetap ada pada sore hari jelang buka puasa,” katanya.

Baca juga: Pemkab akan jadikan Gunungkidul tujuan wisata kelas internasional

Baca juga: Pemkab Gunungkidul jamin stok pupuk bersubsidi aman hingga akhir 2023

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!