News  

Di 2023, IMI Siap Fasilitasi 8 Kejuaraan Motorsports Internasional

Di 2023, IMI Siap Fasilitasi 8 Kejuaraan Motorsports Internasional

JawaPos.com – Pada Sabtu (18/2) malam, Ikatan Motor Indonesia menggelar acara IMI Awards yang diklaim merupakan malam apresiasi tertinggi bagi insan otomotif dan motorsport di Tanah Air. IMI Awards ini juga merupakan rangkaian dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMI 2023 yang baru saja dilakukan.

Saat membuka acara IMI Awards, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menerangkan bahwa IMI siap memfasilitasi delapan putaran kejuaraan motorsport bertaraf internasional di Indonesia tahun ini. Kejuaraan tersebut mencakup event balap mobil dan motor yang akan diselenggarakan pada tahun 2023.

“Tahun 2023 ini IMI memiliki banyak agenda besar. Kejuaraan nasional dan internasional kami siap selenggarakan,” kata pria yang karin disapa Bamsoet itu saat membuka IMI Awards di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (18/2) malam.

Diterangkan Bamsoet, kejuaraan internasional balap mobil terdiri dari FIA Formula E 2023 sebanyak dua putaran pada 3 dan 4 Juni 2023 di Jakarta International ePrix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta. Kemudian, ada juga Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023 sebanyak dua putaran pada 22-23 September 2023 serta 24-26 November 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Sementara untuk kejuaraan internasional balap motor yang juga akan difasilitasi IMI antara lain, World Superbike (WSBK) pada 3-5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) sebanyak dua putaran pada 25 Juni 2023 di Samota Rocket Motor Circuit, Sumbawa, NTB serta 2 Juli 2023 di Lombok, NTB.

MotoGP juga akan kembali digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB pada 2023 pada 13-15 Oktober 2023 ini. Keseluruhan rangkaian event motorsport international ini juga diharapkan bisa memacu pariwisata dengan banyaknya turis mancanegara yang hadir.

“Misalnya dengan dibangunnya Sirkuit Mandalika. Selain menjadi tempat (perhelatan kejuaraan balap dunia), ini sekaligus merupakan upaya pengembangan ekonomi pariwisata lokal di Nusa Tenggara Barat,” terang Bamsoet.

Selain yang berkelas Internasional, event nasional juga menjadi agenda kerja IMI di 2023 ini. Bamsoet menyebut, kejuaraan nasional balap mobil akan diselenggarakan sebanyak 51 putaran, terdiri dari balap mobil 7 putaran, drag race 8 putaran, karting 6 putaran, speed rally 4 putaran, sprint rally 6 putaran, speed offroad 5 putaran, slalom 5 putaran, time rally 5 putaran, dan drifting 5 putaran.

Sedangkan olahraga sepeda motor nasional diselenggarakan sebanyak 53 putaran, terdiri dari motoprix 17 putaran, drag bike 12 putaran, motocross 1 putaran, grasstrack 22 putaran, dan Enduro rally 1 putaran. Selain itu ada juga kejuaraan setingkat nasional yakni Indonesia Motoprix Championship (IMC) – Oneprix sebanyak 5 putaran.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version