News  

Dari Informasi Intelejen, Susi Aslinya Tak Berkerudung

Dari Informasi Intelejen, Susi Aslinya Tak Berkerudung

Suara.com – Kamaruddin Simanjuntak, kuasa hukum keluarga Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat melemparkan informasi baru terkait sosok Susi, pekerja rumah tangga (PRT) yang bekerja untuk Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Informasi yang Kamaruddin terima dari intelijen, Susi sebenarnya tak memakai kerudung.

Hanya saja, ketika bersaksi di persidangan kemarin, Susi hadir dengan memakai kerudung. Lantas, Kamaruddin mempertanyakan apakah hakim dan jaksa memeriksa Susi sebelum sidang atau tidak.

“Menurut yang saya dapat dari intelijen saya, dia tidak pernah pakai kerudung. Tapi ketika dia bersaksi di pengadilan, dia berkerudung. Artinya, apakah hakim dan jaksa memeriksa di bawah telinga di dalam kerudung itu,” kata Kamaruddin di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (1/11/2022).

Kamaruddin lantas merujuk pada pemimpin negara lain yang kerap menggunakan alat yang menempel di telinga ketika bepergian. Alat itu, kata Kamaruddin, bisa menyambungkan komunikasi dengan dunia luar.

Baca Juga:
Urusan Rumah Tangga Dikorek di Sidang, Ayah Brigadir Yosua ke Pengacara Ferdy Sambo: Lucu!

“Kalau Presiden Amerika atau Perdana Meteri Israel bepergian ke mana, itu kan di bawah telinganya ada sesuatu yang menempel, yang bisa berkomunikasi dengan dunia luar. Sehingga dunia luar bisa tahu apa yang terjadi di sini. Kemudian dunia luar sana bisa mengkomunikasikan dia harus ngomong apa,” beber dia.

Kamaruddin Simanjuntak, pengacara keluarga Brigadir J saat tiba di PN Jakarta Selatan. (Suara.com)
Kamaruddin Simanjuntak, pengacara keluarga Brigadir J saat tiba di PN Jakarta Selatan. (Suara.com)

Hanya saja, Kamaruddin enggan berspekulasi lebih jauh apakah Susi menggunakan alat di telinganya atau tidak. Menurut dia, seharusnya Susi harus diperiksa terlebih dahulu sebelum memberikan kesaksian di persidangan.

“Jadi yang benar, untuk menghargai dia sebagai perempuan muslim, periksa dulu oleh polisi wanita atau petugas wanita supaya tidak dibikin alasan,” ucap Kamaruddin.

Sempat Dicurigai Pakai Handsfree

Saat sidang atas terdakwa Bharada E atau Richard Eliezer, Susi dihadirkan sebagai saksi. Jaksa penuntut umum (JPU) sempat curiga lantaran Susi kerap menjawab pertanyaan jaksa dan hakim dengan jeda.

Baca Juga:
Siapa Kombes Leonardo Simatupang? Diceritakan Ayah Brigadir J karena Sebut Kematian Yosua Aib

“Saudara jujur saja, saudara saksi di dalam memberikan keterangan apakah saudara saksi ada menggunakan handsfree? Ada yang mengajari saudara?,” tanya jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (31/10/2022).


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!