News  

BMKG: Waspadai hujan lebat disertai angin kencang di Sumatera Utara

BMKG: Waspadai hujan lebat disertai angin kencang di Sumatera Utara

Medan (ANTARA) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah, Selasa, mengatakan, sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang khususnya di Lereng Barat, Pantai Barat dan pegunungan.

” Waspada hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang di Lereng Barat, Pantai Barat dan Pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor,” katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berpeluang hujan ringan hingga lebat di wilayah Simalungun, Toba, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Pematang Siantar, dan sekitarnya.

Malam hari berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat terjadi di Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir dan sekitarnya

Sementara suhu udara: 16.0 – 32.0 Derajat Celcius, kelembapan udara : 60 – 98 persen, angin berhembus dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan intensitas ringan di mayoritas kota besar

Baca juga: BMKG minta masyarakat pesisir waspada gelombang tinggi pada 7-8 Maret

Pewarta: Juraidi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version