News  

BMKG sampaikan peringatan hujan di sebagian besar provinsi Indonesia

BMKG sampaikan peringatan hujan di sebagian besar provinsi Indonesia

Jakarta (ANTARA) –

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan hujan sedang hingga lebat di sebagian besar provinsi di Indonesia, Jumat.

 
 

Berdasarkan laman resmi BMKG yang dikutip Jumat, di wilayah Aceh perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan petir dan angin kencang di sebagian besar wilayahnya.

 
 

Untuk wilayah Bali, BMKG mengingatkan agar mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai dua meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok, dan Samudera Hindia selatan Bali hingga NTB.

 
 

Hujan ringan hingga sedang juga akan mengguyur sebagian wilayah Bali pada pagi dan siang hari.

 

 

 

Di sebagian wilayah Bangka Belitung seperti Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka, Kota Pangkalpinang, dan sekitarnya juga diminta waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada malam sampai dini hari.

 

 

 

Pada wilayah Banten sebagian besar daerahnya akan cerah berawan, namun BMKG mengingatkan tetap waspada potensi angin kencang di wilayah Kabupaten Serang bagian Barat dan Utara, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak bagian Selatan, dan Kabupaten Tangerang bagian Utara.

 
 

Hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diprakirakan akan mengguyur provinsi Bengkulu dalam durasi singkat pada pagi hingga sore dan dini hari di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

 
 

Pada sebagian wilayah provinsi Jambi juga diminta waspada pada potensi hujan sedang hingga lebat pada siang, sore dan malam hari. Waspada juga pada angin kencang yang disertai petir.

 

 

 

Sebagian wilayah Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Barat seperti Bengkayang, Pontianak, Kubu Raya, Sanggau, Sambas, Melawi dan Kapuas Hulu berpotensi hujan lebat yang disertai petir, kilat dan angin kencang berdurasi singkat.

 

 

 

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah. Berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, petir dan pohon tumbang.

 

 

 

Hujan lebat dan angin kencang juga diprakirakan akan mengguyur sebagian wilayah di Kalimantan Timur pada sore hari.

 

 

 

Hujan ringan, sedang hingga lebat juga akan terjadi di wilayah Maluku, Nusa Tenggara Barat pada siang dan sore hari, dan Nusa Tenggara Timur dalam durasi singkat.

 

 

 

Papua, Papua Barat dan Riau juga akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Waspada juga pada potensi angin kencang dan petir.

 
 

Selain itu, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang akan terjadi di Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat pada pagi hari.

 
 

Sulawesi Tengah juga akan berpotensi hujan sedang hingga lebat mulai dari siang hingga dini hari.

 

 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.