News  

BMKG ingatkan potensi hujan lebat di sebagian wilayah Indonesia

BMKG ingatkan potensi hujan lebat di sebagian wilayah Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah di Indonesia pada Jumat.

Dalam sistem peringatan dini cuaca yang dipantau di Jakarta, BMKG memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Bali, Bangka Belitung.

Kemudian, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Lalu, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan.

BMKG memprakirakan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jabodetabek masih dapat terjadi hingga Februari mendatang.

“Saat ini ada beberapa faktor dinamika atmosfer yang dapat memicu potensi peningkatan hujan di wilayah Jabodetabek untuk sepekan ke depan,” kata Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto.

Ia mengemukakan faktor pemicunya antara lain aktifnya Gelombang Kelvin di sekitar wilayah Indonesia selatan ekuator, MJO (Madden Jullian Oscillation) yang diprediksikan mulai aktif kembali di sekitar Samudra Hindia barat Sumatera dalam periode akhir Januari.

“Kemudian, adanya pola-pola konvergensi (perlambatan angin) di Jawa bagian barat yang dapat memicu pertumbuhan awan hujan di sekitarnya,” paparnya.

Untuk sepekan ke depan atau periode 19-25 Januari 2023, Guswanto menyampaikan, potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jabodetabek terutama pada kisaran periode siang-sore hari masih harus diwaspadai.

Baca juga: Hujan sedang-lebat di Jabodetabek diprakirakan terjadi hingga Februari

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca Jakarta berawan pada Kamis pagi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version