News  

Belum Terkalahkan, Toyota Masih Pimpin Pasar Otomotif Nasional

Belum Terkalahkan, Toyota Masih Pimpin Pasar Otomotif Nasional

JawaPos.com – Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim berhasil menutup tahun 2022 dengan volume penjualan yang memuaskan. Pada tahun lalu, Toyota menyebut berhasil mencatatkan angka sebesar 331.410 unit secara wholesales.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, angka tersebut naik 12,1 persen yang berada di level 295.000 ribu. Dengan ini juga, Toyota tercatat masih memimpin pasar otomotif Indonesia dengan market share 31,6 persen.

Vice President PT TAM Henry Tanoto menjelaskan, Toyota optimistis bahwa pertumbuhan ini dipengaruhi oleh kembali pulihnya perekonomian nasional dan adanya peningkatan daya beli masyarakat. Apalagi selaras dengan perumbuhan market overall yang mulai strong recovery setelah dilanda pandemi Covid-19 dua tahun belakangan.

“Sejalan dengan semakin membaiknya perekonomian nasional dan peningkatan daya beli masyarakat memberikan dampak positif terhadap kinerja penjualan industri otomotif, termasuk Toyota,” katanya di Jakarta, Selasa (24/1).

Dia melanjutkan, pertumbuhan penjualan sangat didukung oleh penerimaan positif pelanggan terhadap deretan produk-produk Toyota. Secara komposisi, penjualan Toyota di tahun 2022 masih di dominasi oleh segmen MPV yang berkontribusi sebesar 57,6 persen.

Beberapa line up MPV & SUV Toyota seperti Avanza, Kijang Innova, dan Kijang Innova Zenix, serta Rush masih menjadi pilihan utama solusi mobilitas masyarakat dan memimpin sebagai 3 mobil paling laku dari Toyota tahun 2022.

Hal ini tecermin dari angka penjualan Avanza pada tahun 2022 berhasil mencapai 60.619 unit, meningkat 49 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 sebesar 40.777 unit. Apabila digabung dengan Veloz, angka penjualan Avanza dan Veloz mencapai 92.641.

Selain itu, mobil legendaris keluarga Indonesia, Kijang Innova yang baru saja upgrade generasi menjadi Kijang Innova Zenix, berhasil mencatatkan penjualan total 46.933 unit. Jika digabung, total penjualan segmen MPV Toyota menguasai lebih dari 52 persen market MPV nasional.

Segmen kendaraan elektrifikasi juga menunjukkan tren yang semakin positif tahun ini. Total penjualannya secara wholesales telah melebihi 4.463 unit. Naik sangat signifikan 130 persen dari tahun 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit.

Pencapaian ini didukung lewat hadirnya kendaraan Battery EV pertama, Toyota bZ4X dan kendaraan Hybrid EV yang diproduksi lokal pertama Kijang Innova Zenix. Untuk model dari brand Gazoo Racing, Toyota berusaha untuk selalu menghadirkan excitement yang maksimal bagi para motorsport enthusiast di Indonesia.

Secara angka, tahun 2022 ini komposisi penjualannya secara rata-rata mencapai hampir 72 persen. Hal ini menjadi sebuah bekal penting bagi Toyota dalam melakukan pengembangan Gazoo Racing yang tidak hanya mencakup data dari keadaan balap, namun juga tetap mengakomodasi feedbacks dari para pelanggan.


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

error: Content is protected !!