News  

Bank Commonwealth targetkan penjualan SR018 naik 50 persen dari SR017

Bank Commonwealth targetkan penjualan SR018 naik 50 persen dari SR017

Dengan tingkat kupon yang ditawarkan, kami melihat minat terhadap SR018 masih akan tetap tinggi

Jakarta (ANTARA) – PT Bank Commonwealth menargetkan penjualan Sukuk Ritel seri SR018 naik 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan sukuk ritel seri sebelumnya lantaran kupon yang ditawarkan lebih tinggi, yakni di atas 6 persen per tahun.

Adapun pada sukuk ritel seri sebelumnya yaitu SR017 yang ditawarkan pada 19 Agustus-14 September 2022, kupon yang ditawarkan hanya sebesar 5,9 persen per tahun.

“Dengan tingkat kupon yang ditawarkan, kami melihat minat terhadap SR018 masih akan tetap tinggi,” kata Head of Investment Business Bank Commonwealth Daniel Arifin dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Berbeda dengan seri-seri sebelumnya, SR018 memiliki dua pilihan tenor yaitu SR018T3 dengan tenor tiga tahun yang ditawarkan dengan tingkat kupon 6,25 persen tetap bruto per tahun dan SR018T5 dengan tenor lima tahun yang ditawarkan dengan tingkat kupon 6,4 persen tetap bruto per tahun.

Selain dari tingkat kupon yang lebih tinggi dari rata-rata imbal hasil atau yield obligasi pemerintah tenor tiga tahun dan lima tahun saat ini di kisaran 6 persen sampai 6,2 persen, Daniel mengungkapkan beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi antara lain tingkat likuiditas perbankan yang masih tinggi saat ini.

Berdasarkan data Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), dana pihak ketiga (DPK) pada bulan Januari 2023 tumbuh 8,03 persen dibanding periode sama tahun lalu (year-on-year/yoy), artinya masih banyak tersedia likuiditas di perbankan yang berpotensi untuk diinvestasikan ke SR018 oleh investor untuk mendapatkan tingkat imbal hasil yang lebih menarik.

SR018 juga merupakan jenis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang dapat diperdagangkan alias tradeable di pasar sekunder. Dengan begitu selain tingkat kupon yang menarik, investor juga memiliki peluang untuk mendapatkan capital gain atau keuntungan apabila terdapat kenaikan harga di pasar sekunder.

Tak hanya itu, lanjut dia, dengan dua pilihan tenor, investor memiliki alternatif dalam memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan jangka waktu investasi yang diinginkan.

Bagi nasabah yang melakukan pembelian SR018 melalui CommBank SmartWealth, Bank Commonwealth menawarkan hadiah dalam bentuk cashback hingga Rp 30 juta.

Selain SR018, nasabah juga dapat melakukan transaksi pembelian ataupun penjualan seri-seri obligasi pemerintah lainnya yang tersedia di pasar sekunder dengan praktis dan nyaman melalui CommBank SmartWealth.

Baca juga: Bank Commonwealth cetak rekor penjualan SBN tertinggi

Baca juga: Mastercard-Bank Commonwealth dukung 30 juta UMKM go digital pada 2024

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version