News  

Bacaan Doa Hujan Berhenti dan Berubah Menjadi Cerah

Bacaan Doa Hujan Berhenti dan Berubah Menjadi Cerah

Suara.com – Membaca doa agar hujan berhenti merupakan salah doa yang dipanjatkan oleh umat Islam ketika sedang mengalami cuaca buruk karena hujan yang lebat. Bagaimana bacaan doa hujan tersebut?

Hujan sendiri merupakan salah satu rahmat Allah SWT yang wajib untuk disyukuri dan dirasakan oleh seluruh makhluk hidup. Namun, terkadang hujan dapat menimbulkan musibah seperti banjir hingga tanah longsor. Sehingga kita perlu membaca doa hujan agar berhenti.

Doa Hujan Berhenti

Rasulullah SAW memberikan anjuran untuk membaca doa agar hujan berhenti apabila hujan yang turun dapat berpotensi menyebabkan bencana. Ada beberapa bacaan doa hujan berhenti yang dapat kamu ketahui sebagai berikut.

Baca Juga:
Hujan Petir, Simak Beberapa Doa Pendek saat Turun Hujan agar Semuanya Menjadi Berkah

“Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, allahumma ‘alal aakaami wadh dhiroobi, wa buthuunil audiyati, wa manaabitisy syajarati”

Artinya: “Ya Allah berilah hujan di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.” (HR Bukhari dan Muslim)

“Allahumma innii as aluka khoiroha wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bihi. Wa a’udzu bika min syarriha wa syarri maa fiihaa wa syarri maa ursilat bihi.”

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang terkandung padanya serta kebaikan apa yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang ada padanya dan kejelekan apa yang dibawanya.” (HR Bukhari)

Selain memanjatkan doa agar hujan berhenti dan berganti cuaca cerah, seorang muslim dapat membaca doa agar terhindari dari segala marabahaya. Hal ini sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi dari Utsman bin Affan RA, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.

Baca Juga:
3 Doa Hujan Lengkap Latin dan Terjemah Bahasa Indonesia

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Dengan membaca doa hujan berhenti, sekaligus menjadi renungan dan bisa menumbuhkan kesadaran dalam menjaga lingkungan sekitar. Selain itu, seorang muslim bisa menunjukkan rasa tawakal dan kepasrahan kepada Allah SWT, serta memperkuat iman dan ketakwaannya.

Allah SWT akan mengabulkan semua doa yang dipanjatkan oleh umat Islam yang meminta. Hal ini sebagaimana dalam hadist, Rasulullah SAW bersabda:  “Barangsiapa yang menginginkan sesuatu (kepada Allah), maka perbanyaklah angan-angan tersebut karena ia sedang meminta kepada Allah ‘Azza wa Jalla.” (HR. Ibnu Hibban no. 889, dishahihkan al-Albani dalam Shahih al–Jami’ no. 437)

Demikian ulasan singkat mengenai bacaan doa hujan berhenti yang dapat kamu ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kamu!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version