News  

AS Diimbangi Wales, Gol Putra Presiden Liberia Dibalas Gareth Bale

AS Diimbangi Wales, Gol Putra Presiden Liberia Dibalas Gareth Bale

JawaPos.com – Amerika Serikat harus puas bermain imbang 1-1 saat menghadapi Wales di Grup B Piala Dunia 2022, Selasa (22/11) dini hari WIB. Sempat unggul 1-0 pada menit ke-36, AS gagal mempertahankannya setelah Wales menyamakan kedudukan pada menit 82.

AS yang dilatih Gregg Berhalter tampil mendominasi sejak awal lagi. Hal yang wajar mengingat Berhalter menerapkan strategi menyerang 4-3-3. Dia menempatkan 3 penyerang yakni Christian Pulisic, Timothy Weah, dan Josh Sargent.

Sementara itu, Wales yang diarsiteki Rob Page tampil dengan formasi lebih mengutamakan pertahanan yakni 5-3-2. Duet penyerang diisi oleh Gareth Bale dan Daniel James.

Dominasi AS di laga yang digelar di Stadion Ahmad bin Ali itu membuahkan hasil pada menit 36. Putra Presiden Liberia George Weah yakni Timothy Weah, mampu membobol gawang AS. Gol berawal dari umpan panjang yang diterima Pulisic di area pertahanan AS. Pemain Chelsea itu lantas mengirim umpan ke Weah dan dikonversi menjadi gol. Tendangan Weah gagal diantisipasi oleh kiper AS Wayne Hennessey. Wales memimpin 1-0.

Timothy Weah merupakan anak dari George Weah yang kini menjabat sebagai Presiden Liberia. Timothy Weah yang lahir di Brooklyn, AS, memilih untuk membela AS. Dia sudah mengenakan kostum Timnas AS sejak di tim junior.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Wales tetap bertahan.

Pada babak kedua, Wales tampil lebih agresif. Bale cs mengintensifkan serangan untuk mencetak gol. Meski begitu, pertahanan AS sulit ditembus sehingga serangan-serangan Wales selalu gagal.

Upaya Wales akhirnya membuahkan hasil saat laga memasuki menit 82. Wales mendapat penalti setelah Bale dijatuhkan Zimmerman di area terlarang. Bale yang maju sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan dengan mencetak gol dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Hingga laga berakhir, skor imbang 1-1 tak berubah. Dengan hasil ini Wales berapa di posisi kedua klasemen sementara Grup B dengan satu poin, di atas Amerika Serikat di peringkat ketiga. Pemuncak klasemen Grup B adalah Inggris dengan tiga poin. Sedangkan Iran di posisi buncit.

Bagi Wales, hasil ini mengulang ketika tampil pertama di Piala Dunia yakni pada 1958. Pada laga pertama kala itu, Wales mampu bermain imbang 1-1 melawan Hungaria. Setelah 64 tahun, Wales kembali berlaga di Piala Dunia dan laga pertama di Piala Dunia 2022 juga imbang yakni 1-1 menghadapi AS.

AS 1-1 Wales
(Timothy Weah 36 – Gareth Bale 82-p)

Susunan Pemain
Amerika Serikat: Turner, Ream, Zimmerman, Robinson, Dest (Yedlin 74), Adams, McKennie (Aaronson 66), Pulisic, Musah (Acosta 75), Weah (Morris 88), Sargent (Wright 75)

Wales: Hennessey, Davies, Roberts, Rodon, Ampadu, Williams (Johnson 79), Mepham, Ramsey, Wilson (Thomas 93), Bale, Daniel James (Moore 46)


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.