News  

5 Bacaan Sholawat Nabi Paling Mustajab, Doa Akan Diijabah Allah Ta’alaa

5 Bacaan Sholawat Nabi Paling Mustajab, Doa Akan Diijabah Allah Ta’alaa

Suara.com – Salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan secara rutin oleh umat Islam adalah membaca sholawat Nabi. Sholawat merupakan bentuk ungkapan rasa cinta kita terhadap Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya. Selain itu, sholawat memiliki sejumlah keutamaan dan manfaat bagi umat muslim. Berikut beberapa sholawat Nabi paling mustajab. 

Bahkan sholawat juga menjadi bentuk ungkapan serta doa mengharap rahmat dan hidayah dari Allah SWT. Allah SWT memerintahkan langsung hamba-Nya untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW melalui firman-Nya di di dalam Al-Quran. 

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56) 

Selain itu, Nabi Rsulullah SAW dalam hadist Tarmizi juga berbicara mengenai anjuran bersholawat. Di dalam hadits tersebut Nabi akan memberikan syafaat atau pertolongannya kepada manusia yang gemar membaca sholawat kelak di hari akhir.  

Baca Juga:
Jadwal Puasa Rajab 2023 Lengkap Mulai Tanggal 23 Januari

Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku,” (HR. Tirmidzi). 

Sholawat Nabi Paling Mustajab 

Terdapat bacaan sholawat Nabi paling mustajab yang bisa diamalkan oleh umat muslim. Dengan rutin mengamalkan sholawat ini, maka keinginan atau hajat akan dikabulkan Allah SWT. 

1. Sholawat Nariyah 

“Allahumma shalii shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju. 

Baca Juga:
Bacaan Niat Mandi Wajib Pria dan Wanita untuk Puasa Rajab 2023 Lengkap

Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.” 

Artinya: “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau.” 

2. Sholawat Quthbul Aqthab 

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin fil awwaliin wa sholli ‘alaa sayyidina muhammadin fil aakhiriinaa wa sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin fin nabiyyin wa sholli ‘alaa sayyidina muhammadin fil mursaliin, wa sholli ‘alaa sayyidina muhammadin fil malail a’laa ilaa yaumiddiin. 

Artinya: “Ya Allah, berikan rahmat ta’dzim kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan serta berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada orang-orang yang memiliki kemuliaan sampai hari kiamat”. 

3. Sholawat Ibrahamiyah 

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibraahim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibraahim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid. 

Artinya: “Ya Allah, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. 

4. Sholawat Jibril 

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima 

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” 

5. Sholawat Fatih 

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadin al fatihi lima ughliqa wal khatimi lima sabaqa wan nashiril haqqa bil haqqi wal hadi ila shirathim mustaqim. Shallallahu ‘alahi wa ala alihi wa ashahbihi haqq qadrihi wa miqdarihil adhim 

Artinya,“Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.” 

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi

Shalawat memiliki banyak sekali keutamaan dan manfaat yang akan didapat oleh orang-orang yang rajin mengamalkannya. Berikut beberapa keutamaannya: 

1. Dikabulkan doa 

Keutamaan yang pertama jika kita rajin mengamalkan sholawat adalah doa kita akan dikabulkan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:  

Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).  

2. Dijanjikan pahala yang berlipat 

Siapapun yang rutin bersholawat akan dijanjikan pahala yang beripat kelak di akhirat. Rasulullah SAW bersabda:  

Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).  

3. Diangkat derajatnya 

Meskipun derajat kita tidak tinggi di dunia, namun saat kita rutin mengamalkan sholawat maka Allah akan mengangkat derajat kita kelak di akhirat. 

Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad). 

4. Dikumpulkan ke dalam surga bersama Nabi 

Orang-orang yang rajin beesholawat akan selalu dekat dengan Nabi. Maka dari itu kelak di surga mereka akan berkumpul bersama Nabi. 

Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).       

Demikian tadi bacaan sholawat Nabi paling mustajab yang bisa Anda amalkan setiap hari. Dengan rutin mengamalkan beberapa sholawat tersebut maka Insyallah, doa dan harapan Anda akan diijabah Allah SWT. 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version