News  

4 Ide Karnaval Kostum 17 Agustus Simple dan Unik untuk Meriahkan HUT RI Ke-78

4 Ide Karnaval Kostum 17 Agustus Simple dan Unik untuk Meriahkan HUT RI Ke-78

Suara.com – Selain Upacara 17 Agustus 2023 dalam rangka Peringatan Hari Kemerdekaan RI, tentu tidak akan lepas acara-acara yang menyertainya. Ada lomba-lomba yang sering diadakan, ada pula karnaval. Jika lomba telah dibahas di artikel terkait, sekarang mari bahas mengenai ide karnaval kostum 17 Agustus simple dan unik yang bisa dicoba.

Sebenarnya ide dari kostum karnaval akan sangat beragam. Mulai dari berbasis suku yang ada di Indonesia yang jumlahnya sangat banyak, pakaian pejuang di masa lalu, hingga pakaian-pakaian modern yang masih memiliki nilai etnik dari berbagai budaya.

1. Kostum Karnaval Tema Perjuangan

Ide pertama adalah kostum karnaval dengan tema perjuangan. Di sini, Anda bisa menggunakan pakaian-pakaian pejuang di era dahulu untuk turut serta dalam karnaval. Tidak harus berseragam ABRI atau tentara, pakaian rakyat jelata juga menarik untuk di coba.

Baca Juga:Cara Daftar Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Negara, Daftarkan Diri Sebelum Kuota Penuh!

Properti pendukung bisa berupa mainan senapan, pistol, kopyah, bambu, atau peralatan pertanian yang memang dahulu digunakan untuk melawan penjajah di era perjuangan.

Spektrumnya cukup luas, sehingga akan jadi ide kostum yang simpel dan unik.

2. Kostum Karnaval Bertema Suku

Ide kedua adalah memanfaatkan keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia. Anda bisa mengeksplorasi hal ini, dan mengambil pakaian adat atau etnik dari berbagai penjuru Indonesia. Mungkin memang yang paling umum adalah batik dan kebaya, tapi sebenarnya Indonesia memiliki kekayaan yang sangat besar untuk urusan ini.

Anda dapat mengambil baju adat dari daerah Kalimantan, Sulawesi, Lamakera, Sorong, Bali, Halmahera, Betawi, semua budaya dan adat yang ada di Indonesia memiliki keragaman yang luar biasa.

Baca Juga:Ada Berapa Hari Libur di Bulan Agustus 2023? Cek Daftar Tanggal Merah di Sini

Hasilnya tentu kostum karnaval yang semakin beragam untuk menanamkan kebhinekaan pada masyarakat luas.

3. Kostum Karnaval Tokoh Terkenal

Anda juga dapat menjadikan sosok terkenal sebagai inspirasi kostum. Tidak hanya terbatas pada pahlawa nasional saja, namun tokoh-tokoh cerita rakyat juga dapat menjadi opsi menarik untuk dibuat kostumnya.

Tokoh wayang misalnya, atau tokoh dari kebudayaan lain yang ada di Indonesia, tentu memiliki tampilan yang unik dan khas bukan?

4. Kostum Karnaval Tema Kekinian

Tema kekinian mungkin jadi tema yang paling simple, tapi tetap bisa terasa unik. Pernahkah terpikir untuk menggunakan kostum PNS? Atau batik KORPRI yang jadi salah satu ciri khas ASN yang ada di Indonesia? Atau seragam milik pegawai BUMN?

Tema ini terdengar sangat sederhana, tapi sebenarnya memiliki opsi yang juga cukup luas.

Itu tadi ide karnaval kostum 17 Agustus simple dan unik yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi, semoga menjadi artikel yang berguna. Atau mungkin Anda memiliki ide tema lain? Anda dapat menyampaikannya di kolom komentar dan berbagi dengan pembaca lainnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!