Nasional

5 Tips Untuk Hidup Sehat dan Aktif di Tahun 2020

5 Tips Untuk Hidup Sehat dan Aktif

Portal-Rakyat.com – Banyak orang kini memiliki kesadaran yang tinggi akan gaya hidup aktif dan sehat. Bisa dibilang, hal tersebut bahkan sudah merupakan sebuah tren. Semua orang bercita-cita untuk memiliki rutinitas sehat, dan menjalani gaya hidup aktif untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar adalah salah satunya.

Memasuki tahun 2020, ada berbagai pilihan gaya hidup aktif dan sehat yang mudah dan bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Hal ini diprediksi akan menjadi tren yang banyak diikuti. Ingin tahu apa saja? Berikut daftarnya seperti yang dilansir Times of India.

1. Functional fitness

Functional fitness atau kebugaran fungsional pada dasarnya adalah meniru rutinitas aktif yang biasa dilakukan orang dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ini bisa dilakukan di mana saja, baik di rumah, di tempat kerja, atau dalam sesi olahraga. Kebugaran fungsional membantu otot Anda untuk bekerja bersama mempersiapkan tubuh untuk tugas sehari-hari.

Misalnya, jika Anda terbiasa mengangkat beban berat di gym dengan alat khusus, kebugaran fungsional bisa dilakukan dengan cara mengangkat beban yang sama atau lebih kecil dengan apapun di rumah. Yang terpenting, hal tersebut tetap mengondisikan otot-otot Anda untuk melakukan segala hal dengan kekuatan yang sama.

2. HIIT

HIIT adalah High Intensity Interval Training atau Pelatihan Interval Intensitas Tinggi. Seperti namanya, HIIT melibatkan melakukan latihan intensitas tinggi diikuti dengan istirahat singkat. Tujuan utama HIIT adalah untuk meningkatkan detak jantung karena meningkatkan pengurangan massa lemak tubuh secara keseluruhan. Latihan HIIT ini tidak memakan banyak waktu dan cukup efektif juga.

3. Program kesehatan di tempat kerja

Pekerjaan membuat banyak orang cenderung tak lagi memiliki waktu untuk menjalani gaya hidup aktif. Banyak orang duduk di meja mereka lebih lama dari yang seharusnya. Padahal duduk untuk jangka waktu yang lama sama sekali tidak sehat bagi tubuh kita. Karena inilah banyak tempat kerja mulai mempromosikan kebutuhan akan kesehatan yang baik dan mengatur sesi meditasi dan berolahraga. Ini juga membantu meningkatkan produktivitas dan mengelola stres. Jadi jika Anda juga berpikir bahwa program semacam itu berguna, bergabunglah segera atau kenalkan ide ini di tempat kerja Anda.

4. Active recovery

Active recovery atau pemulihan aktif adalah kombinasi dari latihan intensitas rendah pasca latihan yang intens. Biasanya, setelah latihan yang intens, Anda akan berhenti secara langsung untuk beristirihat. Konsep active recovery memilih untuk perlahan-lahan membiarkan otot beristirahat dengan latihan intensitas rendah daripada langsung menghentikan latihan. Active recovery termasuk peregangan, meningkatkan mobilitas, dan fleksibilitas. Ini cukup sempurna untuk melengkapi latihan Anda dan sangat membantu dalam mencegah otot dari sakit.

5. Program makan sehat

Berolahraga atau tidak, makan makanan bergizi selalu penting. Dengan meningkatnya tren kebugaran, nutrisi dan program makan sehat pasti juga akan semakin meningkat. Penting untuk memantau apa yang kita konsumsi dan berapa banyak jumlahnya. Kebugaran tidak dapat dicapai hanya dengan berada di gym, diet sama pentingnya dengan berolahraga. Mengadopsi praktik makan sehat selain berolahraga akan membuat keajaiban bagi Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top