Kesehatan

Bingung Tentukan Jenis Susu Untuk anak? Jenis A1 Atau A2?

Jenis Susu Untuk Anak

PORTAL-RAKYAT – Susu merupakan salah satu kebutuhan nutrisi konsumsi yang harus dipenuhi, terutama oleh anak-anak. Bahkan, sejak lahir, anak sudah harus dianjurkan untuk mendapat asupan susu.

Contohnya, ASI yang mengandung banyak nutrisi serta sumber daya tahan tubuh hingga susu sapi yang mempunyai kalori yang cukup tinggi yang mampu mendukung perkembangan dan pemenuhan nutrisi anak.

Namun tahukah Anda bahwa terdapat dua jenis susu sapi, yakni susu jenis A1 dan A2. Hal yang membedakan susu jenis A2 dengan susu sapi biasa adalah kandungan protein utama Beta Casein A1 dan A2.

Umumnya, susu sapi biasa mengandung dua tipe protein utama tersebut. Sementara, susu dari sapi A2 ini hanya mengandung Beta Casein A2 saja.

Beta Casein adalah jenis protein penting yang dimiliki dalam semua susu mamalia. Dalam lingkup sejarah, awalnya semua sapi hanya menghasilkan Beta Casein A2. Namun, seiring perkembangan mutasi genetik, perlahan sapi pun juga menghasilkan protein Beta Casein A1, dan menjadi dominan.

Untuk mendapatkan susu dari sapi A2 yang berkualitas diperlukan serangkaian penyeleksian sapi dengan menggunakan tes DNA. Hal ini bertujuan agar sapi yang akan diperah dapat menghasilkan protein A2 murni. Apalagi, sapi yang memenuhi kualitas susu A2 hanya 30 persen di dunia

Berbeda dengan susu sapi A1, manfaat susu sapi A2 lebih terasa untuk kesehatan, terutama pada anak. Menurut para ahli, kandungan protein A2 pada susu sapi A2 lebih mudah dicerna. Hal tersebut tentu sangat baik untuk si kecil, mengingat sistem pencernaan yang masih rentan pada 1.000 Hari Pertama Kelahiran.

Lebih lanjut, mengenai sistem pencernaan, melansir dari cdrf.org, sistem pencernaan kerap disebut sebagai otak kedua dari anak.

Hal ini juga merujuk pada hasil penelitian yang diterbitkan Harvard Medical School yang menyebutkan terdapat hubungan komunikasi dua arah antara pusat kognitif dan emosional otak dengan sistem saraf yang mengatur pencernaan, atau biasa disebut gut-brain connection. Adanya hal tersebut juga yang menjadi alasan ketika anak mengalami gangguan pencernaan ringan seperti sakit perut, dapat berpengaruh pada proses belajarnya hingga mengalami stres. Oleh karena itu, anak membutuhkan asupan susu A2 agar pencernaan dan sistem otaknya tetap berjalan dengan baik.

Manfaat lain susu sapi A2 bagi anak adalah mengurangi gejala Gastrointestinal hingga menjaga konsistensi frekuensi buang air besar pada anak kondisi normal.

Banyaknya manfaat tersebut tentu membuat para orang tua paham pentingnya susu A2 untuk anak.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top