Kesehatan

Inilah 8 Macam Manfaat Vitamin E untuk Meningkatkan Kesuburan Ayah Bunda

Manfaat Vitamin E untuk Meningkatkan Kesuburan

PORTAL-RAKYAT -Seperti yang diketahui oleh siapa pun yang sedang program hamil atau promil, ketidaksuburan bisa menjadi sebuah masalah dengan perjalanan yang cukup sulit dan dengan berbagai kemungkinan pengobatan. Tetapi ada satu opsi meningkatkan peluang untuk hamil yang relatif sederhana dan non-invasif yaitu pola makan, Bunda.

Lebih spesifik lagi, zat gizi mikro yang bisa didapatkan melalui makanan atau pun suplemen. Salah satu mikronutrien yang berperan salam meningkatkan kesuksesan promil Bunda adalah vitamin E.

Seperti dilansir dari Healthline, peran mikronutrien dalam kesuburan belum benar-benar terpetakan karena kesuburan adalah persamaan yang kompleks, dan tubuh setiap orang berbeda, ilmu tentang mikronutrien dan konsepsi masih dalam masa perkembangan.

Walau begitu, beberapa penelitian yang menjanjikan telah mulai menjelaskan peran vitamin dalam kesuksesan promil.

Vitamin memainkan peran penting dalam kesehatan wanita. Mereka penting untuk banyak fungsi, termasuk:

  • Menstruasi dan ovulasi
  • Fungsi tiroid
  • Produksi energi
  • Fungsi kekebalan
  • Kualitas dan pematangan oosit (sel telur)

Jadi, asupan vitamin dan mineral yang cukup sangat penting ketika mencoba menciptakan lingkungan yang tepat untuk kehamilan yang sehat.

Dilansir dari Parenting First Cry, berikut adalah beberapa manfaat Vitamin E baik untuk wanita maupun pria, yang berkaitan dengan kesuksesan promil Ayah dan Bunda.


Manfaat vitamin E untuk pria

  1. Meningkatkan motilitas sperma

Motilitas mengacu pada kemampuan suatu organisme untuk bergerak dengan sendirinya. Motilitas sperma yang baik adalah suatu keharusan karena sperma harus melintasi jarak tertentu untuk membuahi sel telur. Vitamin E membantu dalam hal tersebut. Hal ini dilakukan dengan menangkal kerusakan spesies oksigen reaktif (SOR) pada motilitas sperma.

  1. Membantu meningkatkan jumlah sperma

Salah satu penyebab paling umum dari infertilitas pada pria adalah jumlah sperma yang rendah. Idealnya, hitungan dianggap kurang jika satu mililiter air mani Ayah terdiri dari kurang dari 20 juta sperma. Dalam kebanyakan kasus, penurunan jumlah sperma disebabkan oleh infeksi dan kerusakan, sesuatu yang dapat dicegah dengan konsumsi vitamin E.

  1. Membantu meningkatkan gairah seks

Penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh, Ayah harus mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E. Peningkatan hormon ini dapat meningkatkan minat seksual dan stamina seksual. Karena dorongan seks yang tertekan juga dapat menyebabkan kemandulan, memasukkan vitamin ini ke dalam makanan Ayah dapat meningkatkan dorongan seks Ayah lho, Bunda.

  1. Tingkat kesuburan yang menjadi lebih baik

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang memiliki asupan vitamin E secara teratur menunjukkan peningkatan hingga 29 persen dalam tingkat pembuahan, dibandingkan dengan pria yang asupan vitamin E-nya tidak mencukupi. Hal ini terjadi dengan meningkatkan kualitas sperma.

Ilustrasi pasangan suami istri mengenakan sweatshirtIlustrasi manfaat vitamin E untuk kesuburan dan program hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Viorel Kurnosov.


Manfaat Vitamin E untuk wanita

Berikut adalah beberapa alasan mengapa wanita harus mengonsumsi vitamin E untuk meningkatkan kesuksesan promil mereka:

  1. Menebalkan lapisan rahim

Lapisan rahim yang tipis dapat menjadi faktor penyebab utama infertilitas pada wanita. Mengonsumsi hampir 600 mg Vitamin E sehari dapat meningkatkan aliran darah di arteri radialis, sehingga meningkatkan ketebalan lapisan rahim.

  1. Membantu mengobati penyakit payudara Fibrocystic

Penyakit payudara fibrokistik adalah suatu kondisi di mana tumor jinak berkembang di dalam payudara, yang selama menstruasi, menjadi bengkak dan nyeri. Vitamin E dapat membantu dalam pengurangan tumor ini.

  1. Membantu mengobati Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik adalah kondisi umum yang mempengaruhi hampir satu dari setiap sepuluh wanita. Sindrom ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan memperlambat laju metabolisme. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita. Vitamin E dapat membantu membalikkan efek PCOS.

  1. Melindungi dan menguatkan kantung ketuban

Kantung ketuban yang berisi cairan ketuban, adalah yang melindungi dan berisi janin di dalam rahim. Dalam beberapa kasus, kantung ketuban mengalami dapat mudah pecah. Vitamin E dapat membuat selaput ketuban lebih kuat, sehingga mencegah kemungkinan pecahnya kantung ketuban.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top