Gaya Hidup

Rekomendasi 10 Wisata Alam di Bandung

PORTALRAKYAT – Libur sekolah panjang dan akhir pekan menjadi waktu tepat menghabiskan waktu bersama di kecil. Enggak cuma main ke mall. Kita juga bisa ajak sang buah hati berwisata alam.

Nah, salah satu tempat yang punya banyak wisata alam adalah Bandung. Ibukota Provinsi Jawa Barat ini punya segudang tempat tersembunyi yang alami untuk dikenalkan pada anak.

Tentunya mengisi liburan di ruang terbuka bisa memberikan manfaat, Bun. Menurut psikologi sosial Dr.Juneman Abraham, beraktivitas di taman terbuka hijau sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan mental anak.

“Kehadiran taman terbuka hijau tetap menawarkan kedalaman berinteraksi yang langka akibat komunikasi di dunia maya,” kata Juneman.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 10 tempat wisata alam yang asri di Bandung untuk isi libur sekolah anak. Klik next untuk lihat daftarnya.

  1. Taman Begonia

Taman Begonia terletak di Langensari, Lembang, Banding Barat. Di tempat ini ada sekitar 75 bunga yang cantik dan instagramable.

Di sini juga tersedia ladang sayuran dan restoran. Enggak mahal kok. Bunda cukup merogoh kocek Rp20 ribu untuk tiket masuk.

  1. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole di Lembang ini menjadi tempat yang cocok untuk mengenalkan anak tentang alam dan hutan. Ratusan pohon pinus dihiasi lighting membuat suasana menjadi indah.

Tempat wisata seluas 12 hektar ini memadukan nuansa alam dan teknologi, Bun. Ada juga jembatan gantung 150 meter bernama Wood Bridge yang berada di antara pohon-pohon.

  1. Tebing Keraton Bandung

Tempat wisata ini terletak di Ciburial Bandung. Pemandangan tebing yang indah, jarang banget kita temui di kawasan perkotaan.

Nama Tebing Keraton Bandung semakin dikenal dan banyak dikunjungi masyaratat. Di bawah tebing juga terdapat curug Cikiih Kuda dan Gadogan Kuda.

  1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Lagi cari wisata alam yang menyehatkan, Bunda? Coba datang ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ya. Di tempat ini Bunda dan keluarga bisa hiking lho.

Di tempat ini juga menjadi kawasan konservasi terpadu yang terletak di Sub-DAS Cikapundung, DAS Citarum yang membentang mulai dari Curug Dago, Dago Pakar sampai Maribaya yang merupakan bagian dari kelompok hutan Gunung Pulosari. Letaknya dekat banget sama Terminal Dago.

  1. Kebun Teh Sukawana

Ke Bandung enggak lengkap kalau belum mengunjungi kebun teh. Nah, tempat wisata Kebun Teh Sukawana bisa jadi pilihan.

Tiket masuk ke tempat ini hanya Rp2.500 per orang. Pengunjung bisa berkemah atau melanjutkan perjalanan ke Curug Tilu, Leuwi Layung, ataupun sekedar berfoto di area perkebunan.

  1. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan terletak di di Cilangkob, Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Di tempat ini ada kolam Sendang Geulis Kahuripan yang viral karena konon berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain menikmati pemandangan alam, Bunda bisa berenang di tiga kolam alami yang berasal dari mata air pegunungan. Kedalaman kolam sekitar 1 sampai 1,5 meter, sehingga masih aman untuk anak-anak.

  1. Curug Batu Templek

Bicara curug pasti enggak jauh dari pemandangan air terjun. Curug Batu Templek terletak di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Bun.

Tiket masuknya Rp10 ribu per orang. Selain curug, pemandangan tebing di sini indah banget, Bun. Kita bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak sambil menikmati air terjun dan pepohonan hijau.

  1. Taman Wisata Lembah Dewata

Taman Wisata Lembah Dewata menyajikan pemandangan alam yang komplit. Tempat ini terletak di Cibogo, Lembang.

Ada danau buatan yang indah dan perahu untuk berkeliling danau. Selain itu, terdapat pula perbukitan kecil yang instagramable.

  1. Ranca Upas

Terletak di Jalan raya Ciwidey, Patengan, Bandung, tempat wisata Ranca Upas cocok dijadikan tempat camping keluarga. Selain pemandangan yang indah, ada arena permainan, water park, dan pemandian air panas.

Selain itu ada juga tempat penangkaran rusa di sini. Biaya masuknya cukup murah, mulai dari Rp10 ribu.

  1. Kawah Rengganis

Di Kawah Rengganis, Bunda bisa melihat langsung geiser kecil yang menyemburkan uap panas. Terdapat juga kawah Cibuni di tempat yang berlokasi di kawasan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung ini.

Tempat wisata ini sedang banyak dibicarakan di sosial media, Bun. Tak cuma melihat kawah, ada objek wisata Situ Patenggang yang tak jauh dari lokasi Kawah Rengganis.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top