Gaya Hidup

Referensi 10 Jenis Tanaman Penyaring Udara Alami

PORTALRAKYAT – Asap rokok dapat membuat udara menjadi sesak dan tidak enak untuk dihirup. Namun, jangan risau Bunda, terdapat beberapa tanaman yang dipercaya dapat menyerap debu dan karbon monoksida yang terkandung dalam rokok.

Bunda juga bisa menaruh tanamannya di dalam rumah di area yang biasa menjadi tempat merokok. Selain dapat menyerap asap rokok, tanaman tersebut juga multifungsi sebagai tanaman hias yang mempercantik dekorasi rumah Bunda.

Bahaya asap rokok merupakan efek berkepanjangan. Melansir dari situs Life Green Group, bagi perokok pasif, dosis kecil dari karbon monoksida saja dapat menyebabkan gejala flu.

Maka dari itu, memang menjadi hal yang esensial untuk memiliki tanaman yang dapat menyaring asap rokok di rumah apabila terdapat perokok aktif. Apa saja tanaman tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 10 tanaman yang dipercaya dapat menyaring debu dan karbon monoksida yang terdapat dalam asap rokok.

  1. Walisongo hijau

Tanaman walisongo hijau yang memiliki nama latin Schefflera arboricola dikenal juga dengan umbrella tree dalam bahasa Inggris. Walisongso dapat tumbuh subur di dalam ruangan dan daunnya yang hijau tua memiliki kilau seperti lilin. Tidak hanya menyaring asap tembakau, tumbuhan ini juga menyaring benzena, formaldehida, dan toluena.

  1. Palem kuning

Bunda dipastikan sering menemukan tanaman bamboo palm atau palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens) karena memang cukup umum ditanam di Indonesia. Selain mudah ditemukan, tanaman ini adalah salah satu tanaman indoor yang paling terkenal dan sempurna untuk rumah yang memiliki perokok aktif.

  1. Sirih gading

Tanaman Sirih gading (Epipremnum aureum) atau golden pathos merupakan tanaman merambat yang dapat menjalar di dinding ataupun rak. Sirih gading dapat tumbuh di ruangan bersuhu dingin dan cahaya rendah juga lho, Bunda. Jadi akan lebih mudah untuk merawatnya.

  1. Karet merah

Karet merah (Ficus elastica) sangat ideal untuk menyerap karbon monoksida di kantor atau rumah. Sayangnya, Bunda harus menanam karet merah di ruangan yang memiliki banyak ruang karena ini bisa tumbuh menjadi sangat besar.

  1. Lili paris

Lili paris (Chlorophytum comosum) dikenal juga dengan nama spider plant karena bentuknya yang seperti kaki laba-laba. Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini juga dipercaya ramah lingkungan karena dapat menyaring asap rokok.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top