Gaya Hidup

Penyebab dan Tanda Penyakit Hernia Pada Wanita

PORTAL-RAKYAT.COM – Anda pasti pernah mendengar istilah turun berok atau yang secara medis disebut hernia. Umumnya, penyakit ini lebih rentan terjadi pada pria.

Tetapi, wanita juga bisa mengalami turun berok atau hernia. Bedanya, hernia pada wanita biasanya tidak terdiagnosis selama berbulan-bulan hingga betahun-tahun.

Hernia terjadi ketika area di dinding perut menjadi tipis, lemah atau terpisah. Sehingga hernia bisa menyebabkan serangan nyeri perut dan panggul yang parah.

Pada wanita, dilansir oleh verywellhealth.com, hernia seringkali lebih dalam di tubuh dan kurang terlihat dibandingkan pria. Gejala dan lokasi hernia antara wanita dan pria pun berbeda.

Bahkan, peneliti menemukan bahwa dokter seringkali salah mengindikasikan gejala hernia yang dialami oleh wanita. Kebanyakan kasus, dokter salah mendiagnosis gejala hernia pada wanita sebagai endometriosis hingga kista atau fibroid.

Pasalnya, hernia pada wanita biasanya berukuran kecil. Oleh karenanya, hernia tidak menyebabkan tonjolan di kulit yang merupakan tanda hernia klasik pada pria.

Penyebab dan cara mendiagnosis hernia

Ada banyak hal yang diduga bisa menyebabkan hernia pada wanita. Tetapi, aktivitas yang menyebabkan tekanan perut bagian dalam, seperti angkat bebas, olahraga, batuk, tertawa dan mengejan di kamar mandi mungkin bisa mengalami hernia.

Jika Anda merasakan gejala seperti rasa terbakar dan rasa sakit di panggul atau pangkal paha, maka semakin besar kemungkinan hernia mudah didiagnosis.

Apabila gejala hernia mengarah ke diagnosis pada wanita, tes medis MRI akan dilakukan untuk memastikan itu gejala hernia atau bukan.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top