Meski Tak Mesti Baca, Berbagi Konten Online Bikin Orang Merasa Pintar

Meski Tak Mesti Baca, Berbagi Konten Online Bikin Orang Merasa Pintar

portal-rakyat.com – Orang semakin sering berbagi konten online yang dianggap penting di era media sosial ini.

Mulai dari tips memasak, parenting, isu politik sampai informasi terbaru tentang tema terkini.

Rupanya, riset membuktikan, kebiasaan tersebut membuat seseorang merasa dirinya lebih pintar dan berpengetahuan, bahkan ketika sebenarnya mereka tidak membaca konten tersebut sebelum membagikannya.

Serangkaian penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa berbagi konten secara online meningkatkan pengetahuan subjektif (seberapa banyak yang dia pikir tahu tentang suatu topik).

Akan tetapi ini belum tentu berdampak pada pengetahuan objektif (seberapa banyak yang dia benar-benar ketahui tentang suatu topik tersebut).

Efeknya lebih kuat ketika peserta studi merasa membagikannya secara sukarela, yang dikaitkan dengan dirinya pribadi dan orang yang lebih dekat.

Penelitian yang terbit dalam Journal of Consumer Psychology ini juga mengatakan kebiasaan tersebut bukan hanya membuat orang tersebut merasa lebih pintar namun juga bertindak seolah-olah memang lebih berpengetahuan soal topik tersebut.

Riset ilmiah di balik berbagi konten online

Era media sosial ini membuat orang sering berbagai informasi tanpa benar-benar memahami isinya.

“Berbagi menyiratkan mengetahui,” kata salah satu penulis studi Adrian F. Ward.

Ia dan sejumlah rekannya melakukan serangkaian dua studi percontohan dan tujuh studi utama untuk mengeksplorasi kebiasaan tersebut.

Peserta dalam penelitian ini adalah orang-orang yang direkrut melalui platform Mechanical Turk (MTurk) dan Prolific Academic atau mahasiswa sarjana “dari sebuah universitas besar di Amerika Utara.”

Jumlah peserta per studi berkisar antara 98 pada riset pertama hingga 904 pada studi tahap pertama dari riset kedua.

Peserta lalu disajikan bahan tekstual, yang mereka akan diberi kesempatan atau diminta untuk berbagi setelah membacanya ke tingkat yang berbeda atau tidak membacanya sama sekali, tergantung pada kondisi studi tertentu.

Setelah prosedur, peneliti menilai pengetahuan subjektif peserta tentang materi tersebut dengan menjawab pertanyaan pilihan ganda.

Hasilnya, dikonfirmasi jika orang terkadang membagikan postingan di media sosial, dan cenderung menganggap mereka yang melakukan hal serupa, lebih berpengetahuan tentang topik tersebut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://portal-rakyat.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://portal-rakyat.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”