Gaya Hidup

Simak!! 6 Makanan yang Sebabkan Si Buah Hati Sembelit

PORTALRAKYAT – Si kecil sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI)? Sebaiknya tetap hati-hati ya, memilihkan makanan yang tepat agar anak tidak terganggu pencernaannya.

Beberapa bahan makanan ternyata bisa memicu sembelit. Kalau sudah begitu pasti membuat Bunda khawatir kan, saat melihat si kecil tidak buang air besar (BAB) selama berhari-hari.

Jennifer Shu, MD, seorang dokter anak yang berbasis di Atlanta mengatakan, bayi yang baru lahir memang jarang mengalami sembelit karena makanan mereka yang serba cair lebih mudah diserap dan dicerna. Meski demikian, Bunda tetap harus memerhatikan kotorannya ya. Ketika kotorannya sulit keluar, itu pertanda bahwa kotoran bayi tinggal lebih lama di dalam perutnya dari yang kita inginkan.

“Beberapa bayi akan buang air besar setelah menyusui dan yang lainnya akan buang air besar beberapa hari setelahnya. Kemampuan usus bayi menyerap ASI sangat luar biasa. Tetapi jika Bunda curiga bahwa bayi mengalami sembelit, cobalah untuk mengecek makanannya yang Bunda berikan pada mereka,” ujarnya, dikutip dari Parents.

Melansir Parenting First Cry, beberapa makanan memang dicurigai dapat membuat bayi sembelit, Bunda. Yuk, perhatikan makanan apa saja yang berpotensi membuat si kecil jadi susah buang air besar seperti berikut ini:

  1. Protein susu

Protein susu dapat menyebabkan sembelit pada bayi. Protein susu selain ASI dapat menyebabkan masalah ini dan sebagai orangtua, Bunda harus berhati-hati memberikan susu formula pada bayi Bunda. Terkadang, bayi kerap mengalami alergi terhadap protein yang ada dalam susu dimana menyebabkannya jadi sembelit.

  1. Nasi

Nasi dan bubur dianggap sebagai dua makanan pertama terbaik pada bayinya. Tetapi, perlu Bunda ingat bahwa sebagian bayi mungkin kesulitan mencerna nasi dan akhirnya mengakibatkan sembelit pada mereka.

  1. Wortel

Ketika diberikan dalam bentuk mentah atau bentuk jus, biasanya bayi akan dengan baik menerimanya. Tetapi ketika Bunda memberikan wortel yang dimasak dengan uap pada bayi, seringkali bayi terserang sembelit. Wortel kukus diketahui dapat memadatkan kotoran sehingga membuat bayi sulit mengeluarkannya.

  1. Pisang mentah

Bayi seringkali diberikan pisang mentah atau sebagai bubur dari pisang mentah. Meskipun memberikan pisang itu baik, tetapi tidak dengan pisang mentah. Jika Bunda memberikan pisang mentah pada bayi, mereka akan terserang masalah lambung dan merasa sembelit. Pisang yang belum matang sebaiknya tidak diberikan karena mengandung zat tepung yang sulit dicerna bayi.

  1. Apel

Apel, bahkan yang dikukus sekalipun dapat mengeraskan tinja, sehingga membuat bayi sembelit. Jadi, hindari memberikan apel kukus dan saus apel kepada bayi karena mengandung protein pektin yang mengeraskan tinja.

  1. Keju

Keju merupakan sumber vitamin dan mineral esensial yang sangat baik dan merupakan makanan super untuk bayi. Biasanya, makanan ini diberikan kepada bayi sebagai camilan. Namun, keju sangatlah rendah serat dan dapat menyebabkan sembelit pada bayi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top