Gaya Hidup

WOOWW!!! 4 Sayuran Ini Ternyata Bikin ASI Banjir Loh Bun!

Macam Sayuran Memperlancar ASI

PORTAL-RAKYAT – Produksi ASI yang turun naik seringkali jadi kendala para ibu menyusui. Nah, mengonsumsi sayuran pelancar ASI bisa jadi solusi mudah untuk menunjang produksi ASI yang fluktuatif.

Sebagai ibu menyusui, sangatlah normal jika Bunda mengkhawatirkan suplai ASI. Apakah ASI yang diproduksi cukup memenuhi kebutuhan Si Kecil, apakah bayi menyusu dengan efektif, dan sebagainya.

Hal itu wajar kok, Bunda. Apalagi sebagai ibu baru tentu saja Bunda masih beradaptasi dengan semua kebiasaan buah hati, termasuk menyusui. Sehingga, tak sedikit Bunda yang belum memahami betul seberapa kebutuhan ASI buah hati.

Adakalanya, bayi memang menyusu lebih banyak dan adakalanya sedikit. Hal ini pun menjadi tantangan baru bagi Bunda dalam memenuhi kebutuhan ASI buah hati.

Apalagi, Bunda yang bekerja tentu ini bukanlah kondisi yang mudah dilewati. Tuntutan pekerjaan dan juga memenuhi kebutuhan ASI bayi menjadi dua hal yang kerap membuat ASI malah justru menurun.

Kondisi seperti itu memang tak bisa dibiarkan begitu saja ya, Bunda. Apalagi, menyusui memang perlu ditunjang dengan nutrisi seimbang. Dengan begitu, ASI yang dihasilkan pun dapat berkualitas dan mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan optimal.

Bagi Bunda yang bermasalah dengan produksi ASI, jangan dulu khawatir ya. Fluktuasi ASI yang turun naik memang perlu didukung dengan asupan seimbang yang dapat membantu produksi ASI lancar setiap waktu.

Dan, salah satunya yang bisa Bunda coba dalam asupan harian yakni menyuguhkan sayuran pelancar ASI. Meski tidak ada bukti ilmiah yang kuat bahwa makanan apa pun dapat meningkatkan suplai ASI, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba ya, Bunda.

Apalagi, secara turun temurun, sayuran pelancar ASI ini tidak saja menyehatkan tetapi juga banyak dirasakan para ibu menyusui dapat mendukung produksi ASI.

Tidak ada salahnya mencoba sendiri dan melihat hasil yang didapatkan,” ujar Ginger Carner IBCLC, seorang konsultan laktasi di Jude Children Research Hospital di Memphis, Tennessee, seperti dikutip dari laman Parents.

Karena, ini dapat memengaruhi saat ASI masuk. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah berhubungan dengan suplai ASI yang rendah. Jadi, jika Bunda merasa ASI menurun, mintalah dokter memeriksa kadar zat besi Bunda. Makanan kaya zat besi dapat membantu meningkatkan suplai ASI secara efektif ya, Bunda.

Secara umum, penting bagi Bunda makan makanan sehat selama menyusui. Tidak saja agar bayi mendapatkan nutrisi yang baik tetapi juga memastikan tubuh beroperasi dengan sehat juga.

Melansir Medical News Today, diet sehat selama menyusui memang penting dilakukan. Saat menyusui, seseorang membutuhkan sekitar 450 hingga 500 kalori ekstra per hari. Ibu menyusui yang ingin menurunkan berat badan setelah hamil mungkin tidak perlu menambah asupan kalori saat menyusui. Tetapi, mereka dapat mendiskusikannya dengan dokter.

Nutrisi khusus seperti zat besi, kalsium, potasium, serta vitamin A dan D sangat bermanfaat saat menyusui. Makan berbagai macam makanan juga penting karena hal ini dapat memberikan paparan pada bayi selera yang berbeda dan dapat menyebabkan mereka lebih mudah menerima makanan padat di kemudian hari.

Berikut ini beberapa sayuran pelancar ASI yang bisa dijadikan asupan harian yang lezat dan efektif melancarkan ASI ya, Bunda:

  1. Wortel

Minum segelas jus wortel baik saat sarapan atau makan siang dapat membantu produksi ASI secara efektif. Wortel diketahui mengandung vitamin A tingkat tinggi yang dikenal sangat membantu laktasi dan meningkatkan kualitas ASI.

  1. Bayam

Sayuran hijau menawarkan banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dan fitoestrogen tingkat tinggi yang semuanya diketahui dapat membantu ibu menyusui yang bermasalah dengan laktasi. Selain itu bayam juga menawarkan kalium, kalsium, asam folat, protein, dan zat bergizi lainnya.

  1. Labu

Labu diketahui dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Labu juga menjadi sumber protein yang baik juga tinggi serat dan memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan ibu menyusui.

  1. Tomat

Tomat dianggap sebagai salah satu makanan yang sehat untuk ibu menyusui. Selain kaya zat besi, tomat dapat membantu dalam pembentukan darah. Serta, tomat kaya serat makanan yang membantu mencegah sembelit pada ibu menyusui.

Tak hanya itu, tomat juga memenuhi kandungan vitamin C harian yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu menyusui.

Itulah beberapa sayuran pelancar ASI yang bisa dijadikan menu harian ya, Bunda. Semoga informasinya membantu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top