Gaya Hidup

Berikut 10 Kreasi Makanan dari Bahan Singkong yang Gampang Dibuat

PORTALRAKYAT – Kreasi makanan dari singkong banyak yang merupakan makanan tradisional Indonesia. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia jenis umbi-umbian ini menjadi makanan pokok menggantikan nasi putih. Namun, sekarang ini singkong masih dianggap bahan makanan yang sangat tradisional sehingga tidak menjadi pilihan pertama saat kamu lapar atau ingin membuat camilan.

Singkong atau ketela, merupakan salah satu jenis buah dari tanaman umbi-umbian yang dikenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat. Selain itu daunnya pun bisa dijadikan sayuran. Saat masih mentah daging singkong bertekstur keras dengan warna kulit yang berwarna cokelat tua atau kehitaman. Sebagai salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, singkong kerap dijadikan berbagai macam olahan makanan.

Kreasi makanan dari singkong bisa jadi camilan yang murah dan mudah dibuat. Apalagi dengan singkong yang banyak dijual di mana-mana, membuat kamu tidak perlu kesulitan untuk mendapatkannya. Kamu bisa membuat kreasi makanan dari singkong sesuai dengan selera.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/12/2019) kumpulan kreasi makanan dari singkong khas Indonesia yang lezat dan mudah dibuat.

  1. Keripik Singkong

Kreasi makanan dari singkong yang pertama tentunya adalah keripik singkong. Sesuai dengan namanya, keripik ini terbuat dari singkong yang diiris tipis, digoreng dan kemudian diberi bumbu beraneka rasa.

Selain keripik singkong yang sering dijumpai, keripik singkong balado yang berasal dari Sumatera Barat juga merupakan varian keripik singkong yang juga digemari oleh banyak orang.

  1. Kolak Singkong

Kreasi makanan dari singkong selanjutnya adalah kolak singkong. Tentunya sajian khas buka puasa ini sudah sangat familiar di lidah orang Indonesia. Kolak singkong jadi salah satu jajanan tradisional yang cukup populer.

Paduan bumbu kuah yang manis dan singkong yang enak bisa membuat kamu ketagihan. Biasanya kolak singkong dipadukan dengan buah nangka, labu, atau pisang.
Tiwul dan Timus

  1. Tiwul

Tiwul merupakan kreasi makanan dari singkong yang berasal dari Gunungkidul. Tiwul terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Kuliner khas Indonesia ini mempunyai cita rasa manis khas singkong dengan warna kecokelatan.

Biasanya tiwul juga bisa disajikan sebagai makanan pengganti nasi. Selain daerah Gunungkidul, masyarakat Wonosobo, Wonogiri, pacitan dan Blitar juga mengonsumsi makanan ini sehari-hari. Saat ini di beberapa supermarket sudah menjual varian tiwul instan.

  1. Timus

Timus merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang keberadaannya mulai jarang terlihat. Berbahan dasar singkong parut serta kelapa parut membuat kuliner manis satu ini begitu enak saat disantap.

Salah satu kreasi makanan dari singkong ini memiliki warna merah kecokelatan, yang berasal dari gula merah diaduk dengan adonan dan menyatu saat dikukus.
Combro/Misro dan Gethuk

  1. Combro dan Misro

Nama kreasi makanan dari singkong yang satu ini merupakan singkatan dari oncom dijero yang artinya oncom didalam. Kuliner khas Jawa Barat ini terbuat dari parutan kasar singkong yang kemudian diisi dengan oncom di dalamnya dan digoreng. Jika combro berisikan oncom, sedangkan misro berisikan gula merah.

  1. Gethuk

Gethuk juga merupakan kreasi makanan dari singkong yang sudah terkenal. Makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kuliner manis ini terbuat dari singkong yang sebelumnya direbus kemudian ditumbuk halus. Biasanya disajikan dengan sedikit taburan kelapa parut.
Sawut Singkong dan Tape

  1. Sawut Singkong

Sama dengan Timus, kreasi makanan dari singkong yang satu ini juga sudah mulai jarang terlihat. Kue sawut sendiri sebenarnya adalah salah satu kudapan dari Jawa Tengah yang menggunakan singkong parut kasar sebagai bahan dasarnya.

Parutan kasar singkong inilah yang menghasilkan tekstur sawut atau seperti serabut. Sawut singkong biasanya disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

  1. Tape

Tape atau yang juga dikenal dengan sebutan peuyeum oleh masyarakat Sunda ini merupakan makanan berasal dari hasil olahan singkong yang difermentasi. Kreasi makanan dari singkong satu ini tidak kalah enak.

Untuk membuat tape biasanya digunakan ragi sebagai bahan fermentasi agar menghasilkan tekstur singkong yang lunak dengan cita rasa manis dan agak asam.
Lemet dan Cenil

  1. Lemet

Jajanan tradisional lemet singkong ini menggunakan parutan singkong, kelapa dan gula pada pembuatannya. Salah satu kreasi makanan dari singkong ini memiliki tekstur yang kenyal dengan perpaduan rasa manis yang berasal dari gula merah. Bentuknya seperti lontong yang dibungkus dengan daun pisang namun tanpa sematan lidi.

  1. Cenil

Cenil yang terbuat dari pati singkong ini keberadaannya saat ini memang semakin sulit ditemukan. Padahal kudapan satu ini memiliki rasa yang tidak kalah enak dibanding jajanan lainnya.

Kreasi makanan dari singkong satu ini biasa dibentuk bulat-bulat kecil atau kotak dan diberi warna makanan sesuai selera sebelum direbus hingga matang. Selain itu, cenil juga umumnya disajikan dengan parutan kelapa dan disiram dengan gula merah cair.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top