Gaya Hidup

4 Keuntungan untuk Anak Saat Bermain Futsal

PORTALRAKYAT – Anak suka olahraga futsal, Bun? Ternyata futsal banyak manfaatnya loh Bun. Ada 4 manfaat bermain futsal untuk anak yang mesti Bunda tahu.

Vennard Hutabarat, Kapten timnas futsal yang berhasil membawa Indonesia juara di Piala AFF 2010 mau sharing manfaat main futsal untuk anak nih, Bun. Apa saja ya kira-kira?

“Banyak banget manfaat dari main futsal,” ucap Vennard kepada Haibunda usai press conference McDonald’s Junior Futsal Championship 2018 di McCafe McDonald’s Sarinah, Jl Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (19/10/2018).

Lebih lengkapnya, ini 4 manfaat bermain futsal untuk anak dari Vennard Hutabarat.

  1. Melatih bekerja sama

Olahraga futsal adalah olahraga yang membutuhkan kerja sama kelompok, bukan permainan yang bisa dimainkan secara individu. Itu artinya dengan barmain futsal anak-anak dilatih untuk bekerja sama dengan teman-temannya. Bagaimana melatih strategi untuk bisa membobol gawang lawan atau strategi untuk mempertahankan gawang sendiri.

  1. Melatih disiplin dan tanggung jawab

Untuk bisa bermain dengan baik, seorang anak haruslah berlatih dengan tekun. Latihan yang rutin ini membutuhkan kedisiplinan yang baik. Selain itu, anak-anak juga dilatih untuk bertanggung jawab. Walaupun ini adalah permainan, tetapi mereka harus bertanggung jawab agar gawangnya tidak kebobolan.

  1. Mengajarkan sportifitas

Dalam sebuah kompetisi, pastinya ditekankan sportifitas. Harus sportif terhadap lawan, tidak boleh melanggar aturan, tidak boleh melawan wasit. Sikap-sikap sportif ini juga akan membentuk watak anak lebih baik saat dewasa nanti.

  1. Langkah Awal Jadi Pesepak Bola

Ini adalah jalan mereka untuk menentukan langkah ke depannya. Entah itu ingin tetap di futsal, atau menjadi pesepak bola. Karena biasanya banyak di awalnya futsal, tapi ketika sudah dewasa memilih sepak bola.

“Ini sama kaya pemain sepak bola internasional, mereka pertama mainnya futsal. Karena di area yang kecil, mereka melatih kemampuan secara individu dan akhirnya tujuan akhir mereka adalah sepak bola. Karena teknik di futsal itu sangat terpakai di sepak bola,” kata Vennard yang pernah masuk nominasi 200 pemain futsal terbaik dunia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top