Gaya Hidup

Wajib Kamu Ketahui!! Fungsi Soda Kue

PORTALRAKYAT – Bagi kamu yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan soda kue. Soda kue sering dipakai menjadi campuran adonan kue untuk pengembang atau campuran tepung agar memberikan hasil yang lebih garing pada gorengan. Selain itu, soda kue dapat berfungsi sebagai pembersih alat rumah tangga.

Menurut Becky Rapinchuk, ahli kebersihan dan penulis, banyak kegunaan soda kue selain untuk memasak. “Yang menyenangkan dari soda kue adalah ia bisa melakukan banyak hal dan harganya murah,” kata Rapinchuk.

Dilansir dari Huffpost.com, berikut fungsi lain soda kue yang mungkin baru kamu ketahui selain untuk memasak.

  1. Pembersih Perhiasan

Soda kue dapat membersihkan perhiasan perak kamu dengan cara merendamnya dalam campuran soda dan air hangat. Setelah direndam beberapa saat, bersihkan perhiasan kamu dengan kain lembut yang bebas dari serabut. Untuk batu dan logam keras seperti berlian dan platinum, kamu dapat menggunakan campuran soda kue, air, garam, dan sabun cuci piring yang lembut.

  1. Menghilangkan Bau pada Sepatu

Soda kue ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Ada berbagai cara untuk melakukannya. Kamu dapat menaburkan soda kue langsung ke sepatu, diamkan selama sehari dan kemudian kocok sepatu kamu. Selain itu, kamu bisa membuat sachet kecil berisi soda kue dengan kaus kaki, kantong kecil atau potongan kain yang diikat dan meletakkannya di sepatu saat kamu tidak memakai sepatu kamu.

  1. Merawat Kuku

Campurkan tiga sendok soda kue dan satu sendok air untuk membuat campuran yang dapat digunakan untuk menggosok kuku kamu agar permukaannya halus. Kamu juga bisa mencampurkan soda kue dan air dengan perbandingan yang sama untuk membuat tekstur seperti pasta. Ini berfungsi untuk mengelupas kutikula dan menghilangkan noda pada kuku kamu.

  1. Membersihkan Oven

Membuat pasta dari campuran soda kue, sabun dan air dapat membersihkan oven dirumah kamu. Selain untuk membersihkan oven, kamu bisa menggunakan campuran soda kue ini untuk membersihkan peralatan dapur lainnya.

  1. Shampo Kering

Soda kue dapat berfungsi untuk menyerap minyak berlebih pada kulit kepala. Kamu juga dapat mencampurnya dengan bahan lain seperti tepung jagung, oatmeal, atau kayu manis untuk efek yang sama. Yang harus kamu perhatikan, metode ini tidak efektif untuk semua orang. Bahkan beberapa menyebabkan kerusakan pada rambutnya dari waktu ke waktu.

  1. Menghilangkan Bau Karpet

Untuk menghilangkan bau pada karpet rumah kamu, taburkanlah soda kue di karpet dan diamkan sebentar. Zat yang terdapat pada soda kue dapat menghilangkan bau yang tidak sedap. Hal ini juga berlaku pada kasur atau tempat tidur hewan peliharaan kamu.

  1. Menghilangkan Bau di Kulkas

Terkadang kulkas memiliki wangi yang kurang sedap karena berbagai macam makanan di simpan didalamnya. Untuk menghilangkan bau tersebut, menurut Rapinchuk, kamu bisa menaruh sekotak soda kue dalam keadaan terbuka di kulkas untuk menyerap bau tidak sedap dalam kulkas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top