Gaya Hidup

Berikut Fakta Tentang Bercinta Sebelum Haid

PORTAL-RAKYAT – Bunda menerapkan sistem KB kalender? Katanya, bercinta menjelang siklus haid paling aman untuk mencegah kehamilan. Benar enggak ya kira-kira pendapat ini?

O’Connel White, MD, MPH, seorang obgyn di Boston University menjelaskan, sebenarnya sangat sulit menentukan masa ovulasi dengan tepat. Namun White menyatakan bahwa masa setelah haid berakhir adalah waktu yang paling tidak subur.

“Sangat sulit menentukan dengan tepat kapan wanita berovulasi setiap bulan, jadi secara teknis masa subur atau peluang untuk bisa hamil, merentang sekira empat hingga lima hari sebelum ovulasi. Dan mungkin, hari setelahnya menjadi masa paling tidak subur,” ujar White dikutip dari laman Refinery29.

White juga mengatakan, setelah telur dilepaskan hanya dapat hidup selama 12 hingga 24 jam. Sementara sperma dapat hidup di vagina selama dua hingga lima hari. Setelah masa subur yang dialami wanita, dengan asumsi telur tidak dibuahi, tubuh akan bersiap melepaskan lapisan endometrium dan melewati telur.

Menurut American Pregnancy Association, pada wanita memiliki yang memiliki siklus haid teratur 28 hari lebih mudah diprediksi. Di mana hari-hari setelah masa subur, tepat sebelum menstruasi menjadi waktu yang relatif aman untuk berhubungan seks dan menghindari kehamilan.

Melansir Hellomotherhood, 3-4 hari sebelum menstruasi tidak terlalu berpeluang untuk dapatkan kehamilan, meski tak menutup kemungkinannya hingga 100 persen. Sebab, sebagian besar wanita memiliki hari-hari paling subur di sekitar titik tengah siklus mereka, atau setidaknya dua minggu sebelum menstruasi dimulai.

Tetapi, Bunda harus tetap waspada karena kemungkinan hamil tepat sebelum haid masih bisa terjadi. Hal itu dikarenakan siklus menstruasi tidak dapat diprediksi. Banyak faktor yang tidak kita ketahui dan tak bisa dikendalikan yang dapat memengaruhi ovulasi wanita.

Karenanya, ketika Bunda dan pasangan belum siap untuk memiliki kehamilan, perlindungan menjadi sebuah keharusan. Termasuk menggunakan proteksi seperti kondom ataupun alat KB lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top